Breaking News:

Nasional

BREAKING NEWS : Lanjutan Liga 1 2020 dan 'Restart' Liga 2 2020 Resmi Ditunda Satu Bulan

Lanjutan kompetisi Liga 1 2020 dan 'restart' Liga 2 2020 resmi ditunda selama satu bulan hingga November 2020 mendatang.

istimewa
etua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada konferensi pers secara daring bersama Menpora, Zainudin Amali di Kantor Kemenpora RI, Selasa (29/9/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Lanjutan kompetisi Liga 1 2020 dan 'restart' Liga 2 2020 yang direncanakan bakal kembali kick off Oktober 2020, resmi ditunda selama satu bulan hingga November 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan pada konferensi pers secara daring bersama Menpora, Zainudin Amali di Kantor Kemenpora RI, Selasa (29/9/2020).

Sebagaimana diketahui, kompetisi Liga 1 2020 direncanakan bergulir kembali 1 Oktober 2020.

Laga PSS Sleman kontra Persik Kediri dijadwalkan jadi laga pembuka lanjutan kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air.

Namun, Senin (28/9/2020), Polri memutuskan tidak akan memberi izin keramaian dalam berbagai tingkatan tertentu karena situasi pandemi virus corona di Indonesia yang belum membaik.

Meski Dijadwalkan Bakal Digelar di Yogyakarta, Polda DIY Belum Terima Izin Laga

"Tanggal 1 Oktober 2020, rencananya lanjutan Liga 1 2020 akan kembali digulirkan, Pertandingan mempertemukan PSS Sleman dan Persik Kediri di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Namun kemarin Mabes Polri melalui Kadiv Humas Irjen Argo Yuwono mengatakan Polri menunda mengeluarkan izin keramaian dengan pertimbangan kasus Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Polri juga sudah mengeluarkan maklumat dan penegasan tidak mengeluarkan izin keramaian di semua tingkatan," ujar Mochamad Iriawan.

Mochamad Iriawan menyebut PSSI menghormati keputusan Polri itu.

Mochamad Iriawan berharap pandemi virus corona di Indonesia bisa membaik dalam satu bulan ke depan sehingga Liga 1 dan Liga 2 bisa dilanjutkan pada November 2020.

"Menyikapi hal ini, PSSI menghormati dan memahami keputusan ini yang belum atau menunda mengizinkan Liga 1 dan Liga 2 diputar kembali dengan alasan di atas. Pertimbangan keamanan, kesehatan, dan kemanusiaan menjadi yang paling utama," ujar pria yang akrab disapa Iwan Bule ini.

"PSSI juga mengapresiasi klub yang sudah bersemangat, berkorban, dan mempersiapkan tim demi kelanjutan kompetisi ini. Apalagi sudah banyak tim yang berada di Pulau Jawa, Yogyakarta dan Malang, untuk mempersiapkan diri," lanjutnya.

Terkait Nasib Liga 1 2020 yang Urung Jelas, Begini Respon PSS Sleman

Lebih lanjut, ia mengatakan, jika PSSI memohon untuk kompetisi ditunda selama satu bulan.

"Jika dimulai November, kompetisi akan sesuai dan selesai pada Maret. Kalau Desember, akan mundur lagi, April sudah Ramadhan sementara Mei sudah memasuki persiapan Piala Dunia U20 2021. Kami mohon satu bulan agar bisa menggulirkan kompetisi kembali. Jika tidak, satu generasi tahun ini akan kesulitan," ujar Iwan Bule.

"PSSI yakin dan optimistis lanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 InsyaAllah pada waktunya setelah situasi tepat, akan digulirkan kembali. Untuk itu, kepada klub, pemain, wasit, perangkat pertandingan agar tetap semangat. Tentu sambil berdoa agar Covid-19 segera berakhir," tambahnya.

Iwan Bule pun berpesan kepada seluruh elemen yang terlibat dalam sepak bola agar tetap bersabar, tetap semangat, dan tetap menjalankan protokol kesehatan.

"Tetap jaga kekompakan, mudah-mudahan kita bisa melewati pandemi Covid-19 ini dan bisa melanjutkan sisa kompetisi," harapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved