Breaking News:

Yogyakarta

Sekda DIY: Tanggung Jawab Budi Wibowo Agar PNS Netral dalam Pilkada

Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa Penjabat Bupati Bantul Budi Wibowo mengemban tugas yang tidaklah mudah.

Istimewa
(ki-ka) Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X saat pengukuhan Penjabat Bupati Bantul. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa Penjabat Bupati Bantul Budi Wibowo mengemban tugas yang tidaklah mudah.

Hal ini lantaran selain mengisi kekosongan kursi kepemimpinan, Penjabat Bantul juga dihadapkan dengan situasi Covid-19 serta perhelatan Pilkada.

"Saya kira yang pertama dilakukan Pak Budi adalah harus sukses menyelenggarakan Pilkada di Bantul. Ciri sukses pertama yamni keterlibatan PNS harus netral. Tanggungjawab Pak Budi membuat PNS netral," ucapnya dihubungi Tribun Jogja, Minggu (27/9/2020).

Selain itu, Aji mengatakan bahwa penyelenggaraan Pilkada mulai dari tahapan kampanye harus dipastikan berjalan sesuai aturan protokol kesehatan.

"Jangan pernah ada pelanggaran kampanye, itu tanggungjawab Pak Budi juga selain beliau harus memastikan jalannya pemerintahan di Bantul secara keseluruhan juga lancar," urai Aji.

Budi Wibowo Ditunjuk sebagai Penjabat Bupati Bantul

Dengan jabatan tambahan yang dipercayakan pada Budi Wibowo, maka tak menutup kemungkinan waktunya akan lebih banyak dihabiskan di Kantor Bupati Bantul.

"Tentu, karena tugasnya lebih banyak di Penjabat Bupati dibanding staf ahli. Kemungkinan terbesar dia akan ngantor di Bantul," bebernya.

Aji menjelaskan bahwa sosok Budi Wibowo dipercaya menjadi Penjabat Bupati Bantul karena memiliki pengalaman yang matang di bidang pemerintahan.

"Pernah Sekda Kulonprogo, Kepala Bappeda DIY, beberapa OPD lain, pernah jadi asisten di DIY, terakhir staf ahli. Pak Budi saya kira punya kompetensi untuk itu. Tugas pak Budi di staf ahli sisi pemerintahan di DIY bisa disambi untuk menjadi Penjabat Bupati Bantul," terangnya.

Gubernur DIY Tunjuk Helmi Jamharis Sebagai Pelaksana Harian Bupati Bantul

Aji menjelaskan, saat ini pengukuhan Penjabat Bupati hanya dilakukan untuk Kabupaten Bantul, mengingat baik Bupati dan Wakil Bupati Bantul maju dalam kontestasi Pilkada.

"Kalau Sleman tidak perlu ada penjabat karena bupatinya nggak njago, yang jago kan wakilnya saja. Kalau Wakilnya saja nggak perlu penjabat, masih dilaksanakan Bupati. Begitu juga dengan Gunungkidul," tutupnya.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved