Breaking News:

Ternyata! 59% Perusahaan Masih Operasional Selama Pandemi

BPS menyebut masih ada beberapa sektor usaha yang masih beroperasional dan justru mengalami peningkatan di saat pandemi

Editor: Victor Mahrizal
TRIBUNJOGJA.COM / Yosef Leon
Kepala BPS RI, Suhariyanto. 

TRIBUNJOGJA.COM – Siapa bilang pandemi Covid-19 mengakibatkan semua sektor usaha macet?

Buktinya, Badan Pusat Statistik (BPS) menyebut masih ada beberapa sektor usaha yang masih beroperasional dan justru mengalami peningkatan di saat pandemi.

Adapun sektor-sektor tersebut juga tentunya membantu pertumbuhan dan mendorong ekonomi Indonesia.

Kepala BPS, Suhariyanto, menyatakan pihaknya telah melakukan survei dampak Covid-19 terhadap pelaku usaha yang tentunya sangat berimbas pada operasional perusahaan.

Yang merespon survei tersebut terkumpul sebanyak 34.559 responden. BPS mengatakan, dari jumlah tersebut 59% perusahaan masih beroperasi normal di tengah pandemi Covid-19.

 “24% nya terpaksa mengurangi kapasitas perusahaan dan 8% nya berhenti beroperasi dan 7,5% telah menerapkan WFH,” jelas Suhariyanto dalam konferensi daring, dikutip dari Kontan, Senin (21/9/2020).

Adapun dari total 59% perusahaan yang masih beroperasi normal juga terbagi dalam dua sektor, yakni sektor tertinggi dan terendah.

BPS merinci, tiga sektor perusahaan tertinggi yang masih beroperasi normal yakni Air dan Pengelolaan sampah 77,86%, Pertanian dan Peternakan 76,63% serta Real Estat 76,54%.

Sementara itu, tiga sektor yang terendah yakni jasa pendidikan 27,29%, Konstruksi 47,81% dan Industri Pengolahan 49,42%. (*)

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved