Breaking News:

Senator DIY Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan ke Kalangan Ibu-ibu PKK di Sleman

Senator DIY Afnan Hadikusumo Sosialisasikan Empat Pilar MPR RI ke Kalangan Ibu-ibu PKK

Istimewa
Anggota DPD RI Dapil DIY, Afnan Hadikusumo (tengah). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Senator DIY, Afnan Hadikusumo menyasar kalangan ibu-ibu PKK, di Kapanewon Berbah, Sleman, untuk mensosialisasikan empat pilar kebangsaan, Senin (21/9/2020) sore.

Ibu-ibu PKK disasar, kerena mereka punya peran penting dalam pembentukan karakter generasi muda.

Menurutnya, keempat pilar ini, meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, perlu disosialisasikan pada generasi muda.

Dengan gerakannya yang masif ,PKK pun diyakini bisa menjangkau sampai tingkat rumah tangga, lantaran anggotanya mayoritas adalah kaum ibu.

Ia mengugkapkan, di era modern yang sarat akan perubahan ini, ibu memiliki peranan penting, dalam proses pendidikan keluarga serta lingkungannya.

Melalui sosialisasi tersebut, Afnan pun berharap, anggota PKK bisa mendalami makna yang terkandung dalam empat Pilar MPR RI itu.

"Agar nilai-nilai di dalam Empat Pilar MPR RI ini sanggup dilaksanakan, maupun digetoktularkan ya, dalam kehidupan pribadi, berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa, hingga bernegara," terang Anggota DPD RI dapil DIY itu.

Gerakan Kewirausahaan Ayo Gas Targetkan Beri Pelatihan Bagi 100 UMKM di Tiap Desa

Bantuan Kuota Internet Siswa Akan Disalurkan Mulai Besok, Berikut Besaran Kuotanya

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK Kapanewon Berbah, Ane Permatasari yang didapuk sebagai narasumber berujar, untuk mencetak generasi yang unggul, dibutuhkan ibu-ibu yang cerdas.

Demikian juga, ketika sebuah bangsa hendak mewariskan nilai pada sebuah generasi penerus.

"Ya, untuk mewariskan suatu nilai, maka ibu ini adalah agen sosialisasi yang sangat tepat untuk melakukannya. Nah, PKK ini sebagian besar anggotanya ibu-ibu," ujarnya.

Karena itu, imbuh Ane, PKK merupakan lembaga yang tepat, untuk ikut berperan dalam upaya edukasi terkait empat pilar MPR RI.

Pasalnya, pada gilirannya nanti, kalangan ibu inilah yang bakal mengedukasi anak-anak dan keluarga mereka masing-masing, tentang nilai-nilai kebangsaan.

"Mohammad Hatta pernah mengatakan, jika kamu mendidik satu laki-laki, maka kamu mendidik satu orang. Namun, jika kamu mendidik satu perempuan maka kamu mendidik satu generasi," pungkasnya. (Tribunjogja/Azka Ramadhan)

Penulis: Azka Ramadhan
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved