Jawa

Berkas One-Fajri Dinyatakan KPU Klaten Belum Memenuhi Syarat

Pasangan One Krisnata - Muhammad Fajri (ORI) diminta untuk melengkapi persyaratan pendaftaran paling lambat Minggu (20/9/2020).

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Suasana rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian persyaratan calon kepada bakal calon dan partai politik atau gabungan partai politik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten 2020 di aula lantai II Kantor KPU Klaten, Jumat (18/9/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Berkas pendaftaran bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Klaten, One Krisnata - Muhammad Fajri (ORI) di Pilkada Klaten 2020 dinyatakan belum memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten.

Oleh karena itu, bakal pasangan calon (bapaslon) yang diusung oleh koalisi Partai Demokrat, PKS dan Gerindra itu diminta untuk melengkapi persyaratan pendaftaran paling lambat Minggu (20/9/2020).

Hal itu diketahui saat KPU Klaten menggelar rapat pleno terbuka, penyampaian hasil penelitian persyaratan calon kepada bakal calon dan partai politik atau gabungan partai politik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten 2020 di aula lantai II Kantor KPU Klaten, Jumat (18/9/2020).

"Hasil penelitian persyaratan calon, khusus bakal pasangan calon One Krisnata-Muhammad Fajri yang sempat tertunda karena yang bersangkutan positif Covid-19 baru bisa dilakukan hari ini, itu karena tes kesehatan pasangan ini juga mundur," ujar Komisioner KPU Klaten, Samsul Huda seusai rapat pleno terbuka.

Selesai Jalani Tes Kesehatan, Bakal Calon Bupati Klaten One Krisnata Mengaku Bersyukur dan Lega

"Setelah rapat pleno ini statusnya diketahui sama dengan dua pasangan kemarin (Sri Mulyani-Yoga Hardaya dan Arif Budiyono-Harjanta) yakni belum memenuhi persyaratan," katanya.

Untuk itu, dilanjutkan Samsul Huda, tim pemenangan dari bapaslon One-Fajri diminta untuk melengkapi kekurangan persyaratan dari bapaslon yang diusung.

Penerimaan perbaikan berkas persyaratan tersebut, lanjut Huda, dibuka selama tiga hari yakni mulai pada Jumat (18/9/2010) hingga Minggu (20/9/2020).

"Dan untuk perbaikan syaratnya kita tunggu mulai hari ini tanggal 18 sampai tanggal 20. Pada tanggal 18 dan 19 dibuka penerimaa berkas mulai jam 8 pagi sampai jam 4 sore. Hari terakhir itu tanggal 20 ditunggu dari jam 8 pagi sampai jam 12 malam," imbuhnya.

Dikatakan Koordinator Divisi (Kordiv) Bidang Teknis dan Penyelenggaraan itu, setelah nantinya kekurangan berkas dilengkapi oleh bapaslon One-Fajri, pihaknya bakal melakukan penelitian kembali pada berkas One-Fajri hingga Selasa (22/9/2020).

Jalani Tes Kesehatan, Bakal Calon Bupati Klaten One Krisnata Tuntaskan Hampir 600 Soal Psikologi

"Jika perbaikannya memenuhi syarat nanti penetapan bakal pasangan calon menjadi calon di tanggal 23 September itu," ungkapnya.

Disinggung terkait apa saja kekurangan berkas dari One-Fajri, Samsul Huda menyebut jika kekurangannya hanya berupa tanda terima Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan beberapa berkas lainnya.

"Ada tanda terima LHKPN dan untuk dokumen rincinya sudah kita bacakan tadi saat sidang," pungkasnya.

Sebelumnya, KPU Klaten juga telah menggelar rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian persyaratan calon kepada bakal calon dan partai politik atau gabungan partai politik pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten 2020 di aula lantai II Kantor KPU Klaten, pada Senin (14/9/2020) lalu.

Pada rapat itu juga menyatakan berkas dua bakal paslon yakni Sri Mulyani-Yoga Hardaya (MULYO) dan Arif Budiyono-Harjanta (ABY-HJT) juga belum memenuhi syarat. (TRIBUNJOGJA.COM)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved