Breaking News:

DPR Sedang Menyiapkan Revisi Pendirian Anak Perusahaan BUMN

DPR RI sedang menyiapkan sebuah aturan baru yang bakal mengatur tentang anak perusahaan BUMN.

ist/net
Gedung Kementerian BUMN 

TRIBUNJOGJA.COM – DPR RI sedang menyiapkan sebuah aturan baru yang bakal mengatur tentang anak perusahaan BUMN.

Draft Rancangan Undang Undang Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kini tengah disiapkan, untuk merevisi UU BUMN yang lama, UU No 19/2003.

"Pada Bab IX akan diatur tentang anak perusahaan BUMN," ujar Kepala Pusat Perancangan UU DPR, Inosentius Samsul, saat rapat dengan Komisi VI DPR, seperti dilansir Kontan, Kamis (17/9/2020).

Inosentius menyampaikan, sebelummya permasalahan anak BUMN tak diatur secara khusus. Namun, dalam RUU ini tim penyusun draft RUU BUMN merasa perlu diatur secara lebih tegas.

Pada ketentuan tentang anak perusahaan, BUMN diperbolehkan membuat anak perusahaan dengan penyertaan modal pada badan usaha lain. Hal itu baik bagi perusahaan yang sudah berdiri maupun perusahaan akan berdiri.

Pendirian anak perusahaan tersebut diatur minimal saham BUMN sebesar 51%. Ketentuan lainnya adalah tak diperkenankan anak usaha membuat entitas usaha baru.

"Anak perusahaan dilarang untuk membentuk perusahaan baru melalui penyertaan modal pada badan usaha lain, baik yang sudah berdiri mau pun yang akan berdiri," terang Inosentius.

Hanya saja ketentuan tersebut merupakan usulan draft awal hasil kajian badan keahlian DPR. Nantinya draft tersebut akan dibahas terlebih dahulu sebelum menjadi usulan RUU yang diserahkan ke Badan Legislasi (Baleg) DPR RI. (*)

Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved