Breaking News:

APTI Minta Kenaikan Cukai Rokok Ditunda Tahun Depan

APTI meminta Menteri Keuangan agar rencana kenaikan cukai rokok ditunda hingga tahun depan.

TRIBUNJOGJA.COM / Angga Purnama
Petani tembakau 

TRIBUNJOGJA.COM -- Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) meminta Menteri Keuangan agar rencana kenaikan cukai rokok ditunda hingga tahun depan.

Alasan yang dikemukakan adalah harga tembakau yang masih cenderung lemah karena kompetisi pembelian masih belum maksimal.

Ketua APTI, Agus Parmuji, mengatakan menurunnya penyerapan/pembelian industri salah satunya disebabkan oleh dampak dari kenaikan cukai tahun ini dan juga dari rencana kebijakan pemerintah pusat khusunya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang akan menaikkan besaran tarif cukai di tahun depan.

“Sehubungan dengan hal tersebut kami Asosiasi Petani Tembakau Indonesia sangat memohon kepada Ibu menteri keuangan untuk menunda rencana kenaikan cukai rokok di tahun depan,” kata Agus dalam surat terbukanya, seperti dilansir Kontan, Rabu (16/9/2020).

Menurut Agus, penurunan harga tembakau 2019 selaras saat Menteri Keuangan (Menkeu) mengumumkan rencana kenaikan cukai pada tahun lalu. Selain itu, hampir semua industri tembakau/rokok berhenti melakukan kegiatan pembelian.

APTI berharap, kejadian tahun lalu jangan sampai terulang lagi di musim panen saat ini. “Karena kami petani tembakau sangat terdampak bilamana rencana kebijakan pemerintah pusat untuk menaikan tarif cukai lagi di tahun depan dijalankan,” ujar Agus.

Agus menambahkan, untuk saat ini petani tembakau sangat membutuhkan stabilisasi penyerapan hasil panen sebagai sumber penghidupan ekonomi dan bertahan hidup dalam masa pandemi.

Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved