Breaking News:

Wabah Virus Corona

Kriteria Kondisi Anak Muda yang Rentan Terinfeksi COVID-19

Dari pasien yang dirawat di perawatan intensif, hampir 40 persen berusia 45 hingga 64 tahun dan 12 persen berusia antara 20 dan 44 tahun.

Shutterstock
Ilustrasi Isolasi Mandiri 

TRIBUNJOGJA.COM -Orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti lansia maupun bayi menjadi kelompok rentan terinfeksi Virus Corona (COVID-19).

Namun demikian bukan berarti anak muda tak gampang terinfeksi COVID-19.

Sejumlah penelitian membuktikan bahwa kelompok usia tua menjadi salah satu kelompok yang paling rentan terinfeksi COVID-1  namun bukan berarti kelompok muda tidak berisiko sama sekali.

Sejumlah pekerja menggunakan masker berjalan kaki setelah meninggalkan perkantorannya di Jakarta, Rabu (29/7/2020). Klaster perkantoran penularan Covid-19 di Jakarta kini menjadi sorotan. Data resmi hingga Selasa (28/7/2020) kemarin, ada 440 karyawan di 68 perkantoran di Ibu Kota yang terinfeksi virus corona.
Sejumlah pekerja menggunakan masker berjalan kaki setelah meninggalkan perkantorannya di Jakarta, Rabu (29/7/2020). Klaster perkantoran penularan Covid-19 di Jakarta kini menjadi sorotan. Data resmi hingga Selasa (28/7/2020) kemarin, ada 440 karyawan di 68 perkantoran di Ibu Kota yang terinfeksi virus corona. (KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)

Menurut penelitian baru di Journal of the American Medical Association, kelompok dewasa muda masih membawa risiko yang signifikan dan juga bisa mengalami gejala yang parah.

Para peneliti menemukan bahwa orang dewasa berusia 18-34 tahun yang dirawat di rumah sakit memiliki risiko penyakit parah yang relatif tinggi:

- Lebih dari 20 persen membutuhkan perawatan intensif.

- Sekitar 10 persen ditempatkan pada ventilasi mekanis.

- Hampir 3 persen meninggal dunia.

Usia rata-rata kelompok ini adalah 28 tahun, dan lebih dari 57 persennya adalah laki-laki.

Meskipun angka kematian dewasa muda karena COVID-19 tetap lebih rendah, angka yang ditunjukkan tetap dua kali lipat dibandingkan kematian akibat serangan jantung pada orang dewasa muda.

Halaman
123
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved