Breaking News:

Jawa

Bupati Sri Mulyani Minta FKDM Ambil Peran Jaga Kondusifitas dalam Menghadapi Pilkada Klaten 2020

Bupati Klaten, Sri Mulyani meminta Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Klaten ikut berperan untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Bersinar.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Bupati Klaten, Sri Mulyani saat mengukuhkan pengurus FKDM Klaten di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (15/9/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Jelang bergulirnya pesta demokrasi di Kabupaten Klaten pada 9 Desember 2020 mendatang, suhu politik mulai memanas.

Terlebih setelah mendaftarnya tiga bakal pasang calon ke KPU Klaten untuk berkontestasi di Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Klaten di Pilkada 2020.

Berdasarkan hal itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani meminta Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Klaten ikut mengambil peran untuk menjaga kondusifitas di Kabupaten Bersinar.

"Tahun ini FKDM memiliki peran dan tanggung jawab yang besar karena tahun ini di Klaten ada pesta demokrasi," ujar Sri Mulyani saat memberikan sambutan pada pengukuhan pengurus FKDM Klaten periode 2019-2024 di Pendapa Pemkab Klaten, Selasa (15/9/2020).

Antisipasi Covid-19, Sebar Kue Apem pada Tradisi Yaa Qowiyyu Klaten Ditiadakan

"Kita harap pengurus FKDM yang dikukuhkan bisa menjaga kondusifitas dalam menghadapi pesta demokrasi ini," tambahnya.

Menurut Sri Mulyani, pelantikan pengurus FKDM Klaten merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Klaten dalam mendorong terciptanya keamanan dan terwujudnya pembangunan yang berkelanjutan di daerah itu.

"Ini adalah langkah awal dalam menjaga dan memelihara masyarakat di Klaten agar tetap bersinar. FKDM juga memiliki tugas untuk rekomendasi bagi pemangku kebijakan di Klaten sebelum mengambil keputusan," jelasnya.

Selain itu, orang nomor satu di Klaten ini juga mengimbau kepada seluruh anggota FKDM yang telah dilantik agar melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang telah diamanahkan sebaik-baiknya.

"Sehingga suasana kehidupan masyarakat di Wilayah Kabupaten Klaten dapat berjalan dengan tertib, aman dan tentram," imbuh dia.

50.488 Pelaku UMKM di Klaten Ajukan Bansos Rp2,4 Juta ke Pemerintah

Sementara itu, Ketua FKDM Klaten, Bambang Suprobo yang seusai dikukuhkan dalam sambutannya mengatakan jika FKDM terdiri dari berbagai elemen masyarakat mulai dari tokoh ulama, tokoh kesehatan, hingga tokoh pendidikan di Kabupaten Klaten.

"FKDM terdiri dari berbagai latar belakang, mulai dari tokoh agama hingga pendidikan, kami juga memiliki tugas untuk menciptakan rasa aman dan nyaman agar Klaten terhindar dari konflik," katanya.

Ia pun juga mengatakan jika kegiatan Pilkada Klaten 2020 merupakan satu hal yang tidak luput dari perhatian FKDM karena pesta demokrasi ini akan memunculkan berbagai macam isu yang bisa memancing konflik di masyarakat.

"Oleh karena itu peran dan fungsi kewaspadaan Dini masyarakat sangat diperlukan demi kondusifitas Kabupaten Klaten. Hal ini tentu menjadi perhatian tersendiri bagi kami untuk mengedukasi masyarakat," pungkas dia. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved