Breaking News:

Jawa

KPU Klaten : Berkas 2 Bapaslon Pilkada, MULYO dan ABY-HJT Belum Memenuhi Syarat

KPU Kabupaten Klaten telah selesai memverifikasi dua berkas pendaftaran bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Klaten yang maju di Pilkada Klaten 2020.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Suasana rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian persyaratan calon kepada bakal calon dan partai politik di KPU Klaten, Senin (14/9/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten telah selesai memverifikasi dua berkas pendaftaran bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Klaten yang maju di Pilkada Klaten 2020.

Hasilnya, KPU Klaten menyatakan berkas kedua bakal paslon yakni Sri Mulyani-Yoga Hardaya (MULYO) dan Arif Budiyono-Harjanta (ABY-HJT) belum memenuhi syarat.

Hal itu diketahui saat, KPU Klaten menggelar rapat pleno terbuka penyampaian hasil penelitian persyaratan calon kepada bakal calon dan partai politik atau gabungan partai politik pemilihan bupati dan wakil bupati Klaten 2020 di Aula Lantai II Kantor KPU Klaten, Senin (14/9/2020).

Gelar Razia Masker 1 Jam, Satpol PP Klaten Jaring Puluhan Pelanggar Protokol Kesehatan

"Hari ini kita menyerahkan hasil verifikasi persyaratan calon. Hati ini ada dua berkas bakal pasangan calon yang telah kita verifikasi berkasnya. Untuk dua yang kita sampaikan ini kedua-duanya belum memenuhi syarat," ujar Komisioner KPU Klaten, Samsul Huda saat ditemui seusai acara, Senin (14/9/2020).

Menurut Huda, adapun syarat-syarat yang belum terpenuhi oleh kedua bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Klaten di Pilkada Klaten 2020 itu cukup beragam.

Mulai dari tidak adanya legalisir ijazah, kurangnya laporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) lima tahun terakhir, pas foto ukuran 4x6 yang kurang hingga berkas administrasi lainnya.

"Yang kurang itu sebenarnya ada beberapa diantaranya yang tidak krusial, tapi persyaratan itu harus ada. Misal SPT lima tahun terakhir, tapi ada calon yang kurang SPT-nya itu satu tahun. Berhubung waktu masih ada ya kita minta untuk dilangkapi," ucapnya.

KPU Tetapkan DPS Pilkada Klaten 2020 Sebanyak 963.179 Pemilih

Dikatakan Koordinator Divisi (Kordiv) Bidang Teknis dan Penyelenggaraan itu, pihaknya juga sudah meminta kepada dua bakal paslon Pilkada Klaten segera melengkapi berkas dalam waktu tiga hari yakni mulai hari ini, Senin (14/9/2020) hingga Rabu (16/9/2020).

"Pada hari ini tanggal 14 September sampai besok 15 September kita tunggu bapaslon mulai pukul 08.00 hingga pukul 16.00 untuk segera melengkapi berkas," imbuhnya.

Sementara, lanjut Huda, untuk hari terakhir, yakni Rabu (16/9/2020) KPU Klaten menerima kelengkapan berkas bapaslon hingga pukul 24.00 WIB. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved