Breaking News:

Update Corona di DI Yogyakarta

Hampir 50 Kasus Baru Setiap Hari, Tugas Tenaga Medis dan Beban Rumah Sakit di DIY Semakin Berat

Informasi terakhir yakni 13 September 2020, juga diketahui bahwa tempat tidur critical di rumah sakit rujukan di DIY hampir terisi penuh.

TRIBUNJOGJA.COM / Kurniatul Hidayah
Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Hampir sepekan terakhir jumlah kasus positif Covid-19 di DIY stabil tinggi yakni sekitar 40-50 penambahan kasus baru setiap harinya.

Menanggapi hal tersebut, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa hal ini berdampak serius terhadap kapasitas rumah sakit serta tenaga medis yang harus menangani pasien Covid-19.

"Kalau sudah terjadi seperti saat ini, rata-rata 40-50 orang ya itu tentu jadi persoalan bagi kita karena tugas tenaga medis menjadi lebih berat, rumah sakit juga menjadi lebih berat," urainya, ditemui di Kompleks Kepatihan, Senin (14/9/2020).

Kabupaten Kulon Progo merupakan satu di antara kabupaten di DIY di mana dua rumah sakit rujukan Covid-19 terisi penuh dan tempat isolasi di sekitarnya juga nyaris penuh.

Inilah Jumlah Pasien Covid-19 Daerah Istimewa Yogyakarta yang Dirilis Pemerintah

Menanggapi hal tersebut Aji mengatakan bahwa pasien di Kulon Progo yang membutuhkan perawatan bisa dirujuk di rumah sakit di kabupaten/kota dalam DIY.

"Kalau di sana penuh, disupport-kan ke Kota atau Bantul nggak apa-apa. Kapasitas penuh kita berpikir menambah tempat tidur di rumah sakit rujukan yang ada atau rumah sakit yang belum rujukan kita kembangkan jadi rumah sakit rujukan. Tapi semoga angka kesembuhan tinggi," jelasnya.

Meski demikian, Aji bersyukur bahwa banyak dari pasien Covid-19 di DIY merupakan tanpa gejala sehingga dari sisi kesembuhan mereka bisa lebih cepat.

Langkah yang sebenarnya bisa dilakukan adalah dengan disiplin menerapkan isolasi mandiri.

Hal ini dapat membuat kapasitas rumah sakit maupun shelter tidak terlalu penuh.

Halaman
12
Penulis: Kurniatul Hidayah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved