Breaking News:

Bisnis

Selama Pandemi Harga Bahan Pokok di Pasar Yogyakarta Relatif Stabil

Sejak masuknya virus Corona ke DIY sekitar Maret 2020 hingga kini, harga kebutuhan pokok di pasar terpantau relatif normal.

Selama Pandemi Harga Bahan Pokok di Pasar Yogyakarta Relatif Stabil
internet
ilustrasi gula

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Harga kebutuhan bahan pokok yang diperdagangkan di beberapa pasar wilayah Yogyakarta selama pandemi relatif stabil.

Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Daerah Istimewa Yogyakarta (Disperindag DIY), Yanto Aprianto mengatakan, sejak masuknya virus Corona ke DIY sekitar Maret 2020 hingga kini, harga kebutuhan pokok di pasar terpantau relatif normal.

"Meskipun sempat terjadi fluktuasi di beberapa komoditi seperti gula putih dan daging ayam. Namun, fluktuatifnya harga cenderung cepat teratasi," jelasnya kepada Tribunjogja.com, pada Jumat (11/09/2020).

Ia melanjutkan terjadinya fluktuasi harga pada komoditi tertentu biasanya dipengaruhi oleh persediaan atau permintaan produk.

Daya Serap Pasar Masih Rendah Menjadi Pemicu Deflasi pada Harga Kebutuhan Pokok

Pada saat terjadinya, kenaikan harga yang cukup tinggi pada komoditi gula putih beberapa pekan lalu.

Karena, jumlah pasokan gula tidak dapat memenuhi permintaan pasar yang tinggi.

Sehingga, dilakukanlah operasi pasar untuk menekan harga.

"Namun secara keseluruhan harga bahan pokok masih terpantau stabil. Untuk sekarang harga sudah sesuai harga eceran terendah (HET) bahkan ada yang di bawahnya,"ujarnya.

Berdasarkan data Disperindag DIY terkait harga harian pada Jumat (11/09/2020) rata-rata tiga pasar besar di DIY yaitu Pasar Beringharjo, Demangan, dan Kranggan masih aman.

Halaman
12
Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved