Breaking News:

Jawa

Ini Tuntutan Peserta Aksi Long March Berbagai Organisasi di Kantor Kemenag Klaten

Aksi long march ini dimulai dari Mesjid Agung Al-Aqsha Klaten yang berada di Jalan Yogyakarta-Solo, Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Sejumlah Massa Berbagai Organisasi di Klaten saat menggelar orasi di depan Kantor Kemenag Klaten, Jumat (11/9/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sejumlah massa yang terdiri dari berbagai organisasi di Kabupaten Klaten menggelar aksi long march, Jumat (11/9/2020).

Aksi long march ini dimulai dari Mesjid Agung Al-Aqsha Klaten yang berada di Jalan Yogyakarta-Solo, Jonggrangan, Kecamatan Klaten Utara.

Tujuan dari aksi long march ini yakni menuju Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Klaten yang berada di Jalan Ronggowarsito, Bareng Lor, Kecamatan Klaten Utara.

Pantauan Tribunjogja.com di Mesjid Agung Al-Aqsha Klaten sekitar pukul 13.08 WIB, puluhan peserta aksi mulai memadati halaman mesjid tersebut.

Massa FJI Gelar Demo di Kanwil Kemenag DIY

Para peserta tampak membawa beragam bendera dan juga bermacam-macam spanduk.

Selain itu, sejumlah polisi dari Polres Klaten dan anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten juga tampak berjaga-jaga mengatur arus lalu lintas.

Sekitar pukul 13.46 WIB, rombongan tiba di Kantor Kemenag Klaten.

Lalu, para peserta aksi memblokade jalan untuk menggelar orasi di depan kantor tersebut.

Sekitar satu jam, para peserta aksi menggelar orasi di Jalan Ronggo Warsito tersebut.

Dalam orasinya, para orator meminta Presiden RI, Joko Widodo melaksanakan reshufle kabinet dengan mengganti jabatan dari Menteri Agama RI, Fachrul Razi.

Sejumlah Massa Berbagai Organisasi Gelar Aksi Long March Menuju Kantor Kemenag Klaten

"Aksi kita pada siang hari ini sesungguhnya bukan aksi demo Kemenag. Lebih pada pernyataan sikap karena pernyataan dari Menteri Agama yang cenderung menyebabkan umat Islam jadi resah dan gelisah," ujar Koordinator Lapangan (Korlap) aksi tersebut, Norman Arista Abdurahman, pada awak media disela-sela aksi.

Ia berharap apa yang menjadi tuntutan dari para peserta aksi dapat diteruskan oleh Kemenag Klaten ke tingkat pusat.

"Jadi pada hari ini sekian banyak elemen masyarakat Islam perwakilan yang menyampaikan aspirasi kepada Kemenag di Kabupaten Klaten untuk kiranya aspirasi ini bisa disampaikan ke Jakarta," kata dia.

Sementara itu, Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu yang juga terjun langsung mengawal aksi itu mengatakan jika pihaknya menurunkan ratusan personel melakukan pengamanan dari aksi tersebut.

"Untuk jumlah personel gabungan yang ikut pengamanan terdiri dari unsur TNI, Polri dan Satpo PP berjumlah 299 personel," ucapnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved