Breaking News:

Candi Plaosan dan Sojiwan di Klaten Dibuka Lagi dengan Penerapan Protokol Kesehatan

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat diberlakukan bagi pengunjung yang ingin berwisata ke situs sejarah yang berada di kecamatan Prambanan

TRIBUNJOGJA.COM/ALMURFI SYOFYAN
Candi Plaosan di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten. 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Kompleks cagar budaya Candi Plaosan dan Candi Sojiwan yang dikelola Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten mulai buka kembali sejak akhir pekan lalu.

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat diberlakukan bagi pengunjung yang ingin berwisata ke situs sejarah yang berada di kecamatan Prambanan tersebut.

"Untuk kedua candi sudah mulai dibuka sejak tanggal 5 lalu. Meski sudah buka, tapi masih terbatas waktu bagi pengunjung untuk berada di dalam kompleknya," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Budaya Pariwisata dan Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Klaten, Sri Nugroho, Selasa (8/9/2020).

Ia menambahkan, untuk jumlah pengunjung yang bisa masuk ke komplek candi juga dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19.

Suasana Candi Plaosan Lor, Minggu (16/8/2020). Candi ini masih ditutup sejak lima bulan yang lalu. Pengunjung yang datang hanya bisa melihat candi dari luar pagar.
Suasana Candi Plaosan Lor, Minggu (16/8/2020). Candi ini masih ditutup sejak lima bulan yang lalu. Pengunjung yang datang hanya bisa melihat candi dari luar pagar. (TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan)

"Dan tentunya jumlah pengunjung wisata juga masih dibatasi 50 persen dari kapasitas kompleks candi sehingga sekitar 200 orang yang bisa masuk dan itu setelah masuk juga terbatas waktunya di dalam, paling lama 30 menit," urainya.

Menurutnya, kompleks percandian tersebut alan dibuka selama enam hari dalam seminggu. Artinya, setiap hari Senin, kompleks percandian ditutup guna sterilisasi dan perawatan.

"Iya, setiap senin kita tutup untuk perawatan," tambahnya.

Ia pun merinci, untuk tiket masuk masih seperti semula yakni, wisatawan nusantara di Candi Plaosan dipatok Rp10 ribu per orang dewasa dan wisatawan mancanegara dipatok Rp50 ribu per orang dewasa.

Sementara untuk wisatawan nusantara di Candi Sojiwan dipatok Rp8 ribu per orang dewasa dan Rp25 ribu per orang dewasa untuk wisatawan mancanegara.

Terakhir, imbuh Sri, objek wisata Candi Plaosan dan Candi Sojiwan itu, akan dibuka mulai pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB setiap harinya.

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Joko Widiyarso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved