Breaking News:

6 Bahan Alami untuk Hilangkan Ketiak Hitam

Beberapa kondisi dapat membuat warna kulit area lipatan tersebut lebih gelap ketimbang area sekitarnya.

Ketiak Berwarna Hitam 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebagian orang mengalami kulit ketiak menghitam. Bagi kaum hawa kondisi ini tentu menyebalkan dan bikin tidak percaya diri ketika memakai tanktop.

Kulit ketiak semestinya memiliki warna senada dengan bagian kulit lainnya. Namun, beberapa kondisi dapat membuat warna kulit area lipatan tersebut lebih gelap ketimbang area sekitarnya.

Ilustrasi
Ilustrasi (instagram)

Ketiak hitam biasanya bukan masalah kesehatan yang perlu diwaspadai. Namun, kondisi tersebut terkadang membuat sebagian orang tidak percaya diri.

Terutama saat harus mengenakan pakaian tanpa lengan.  Dilansir dari Healthline, penyebab ketiak hitam bisa karena faktor gaya hidup.

Di antaranya karena iritasi deodoran, mencukur bulu ketiak, penumpukan sel kulit mati, sampai karena gesekan baju ketat.

Ketiak hitam juga bisa disebabkan efek samping rokok, hiperpigmentasi, infeksi bakteri (eritrasma), dan bercak hitam pada kulit (melasma).

Selain itu, ketiak hitam bagian dari masalah kulit acanthosis nigricans bisa jadi tanda penyakit tertentu. Melansir Medical News Today, penyakit yang bisa membuat ketiak hitam di antaranya diabetes, obesitas, kadar hormon tak normal, dan penyakit yang menyerang kelenjar adrenal.

Di luar masalah kesehatan tertentu, perawatan yang tepat bisa jadi cara agar ketiak tidak hitam. Berikut beberapa cara menghilangkan ketiak hitam secara alami:

1. Kentang

Kentang
Kentang ()

Kandungan enzim katekolase dalam kentang dapat mengurangi masalah hiperpigmentasi pada kulit, termasuk area ketiak. Cara merawat ketiak hitam dengan kentang cukup mudah.

Halaman
1234
Editor: Rina Eviana
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved