Breaking News:

Jawa

Terapkan Protokol Kesehatan, KPU Klaten Batasi Jumlah Rombongan yang Masuk ke Ruang Pendaftaran

KPU Kabupaten Klaten memperketat penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Suasana Kantor KPU Klaten, Kamis (3/9/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Klaten memperketat penerapan protokol kesehatan dengan membatasi jumlah orang yang bisa masuk ke ruang pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Klaten 2020.

Hal itu ditegaskan oleh KPU untuk mencegah penyebaran Covid-19 karena dalam beberapa waktu terakhir kasus Covid-19 di Kabupaten Klaten menunjukan tren peningkatan.

"Intinya itu, kita sudah buat SOP yang harus dipatuhi oleh semua bapaslon bahwa yang boleh masuk ke ruang pendaftaran di lantai dua hanya yang berkepentingan," ujar Komisioner KPU Klaten, Samsul Huda saat ditemui Tribunjogja.com, di ruang kerjanya, Kamis (3/9/2020).

Cegah Corona, KPU Klaten Imbau Bapaslon Tak Bawa Pendukung dalam Jumlah Banyak Saat Mendaftar

Kata dia, ada pun pihak-pihak yang boleh masuk ke ruang pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Klaten 2020 yakni, bakal pasangan calon (Bapaslon), lalu dua orang dari masing-masing partai pengusung.

Selain itu juga diizinkan, Liaison Officer (LO) atau tim penghubung Bapaslon dan Ketua Tim Kampanye atau Tim Pemenangan dari masing-masing Bapaslon.

"Yang berkepentingan itu maksudnya pasangan calon dua orang perwakilan dari partai pengusung yakni ketua dan sekretaris partainya tapi ini fleksibel tergantung partainya mau mengutus siapa. Tapi yang jelas masing-masing partai pengusung itu hanya boleh dua orang," jelasnya.

Dilanjutkan, Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan itu, pada saat pendaftaran bapaslon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Klaten 2020 besok, pihaknya juga hanya mengizinkan sebanyak 20 orang yang bisa masuk hingga ke halaman kantor KPU Klaten.

Kantongi SK Pernyataan Dukungan Tiga Parpol, One-Fajri Tunggu Waktu Mendaftar ke KPU Klaten

Jika Bapaslon membawa massa lebih dari jumlah yang ditentukan itu, maka massa harus berada di luar pagar halaman KPU Klaten dan akan dijaga oleh aparat keamanan.

"Kita mengakomodir yang boleh sampai halaman itu kita batasi hanya 20 orang, dan semua itu kita kasih ID card dan yang tidak memiliki ID card itu di luar pagar dan itu kita akan koordinasikan dengan pihak keamanan," tambahnya.

Sekadar Informasi, pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada Klaten 2020 akan dibuka selama tiga hari, yakni dimulai pada Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020).

Untuk Jumat (4/9/2020) dan Sabtu (5/9/2020) akan dibuka mulai pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB.

Sedangkan untuk hari Minggu dibuka mulai pukul 08.00 WIB - 24.00 WIB. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved