Gunungkidul

SK Pilkada Belum Turun, Ketua DPC Gerindra Gunungkidul: Ada Kendala Internal

Partai Gerindra beberapa waktu lalu memutuskan berkoalisi dengan 3 partai politik (parpol) lain, untuk mengusung bakal pasangan calon (bapaslon) Sutri

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Ari Nugroho
TRIBUNJOGJA.COM / Alexander Ermando
Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Gunungkidul, Purwanto 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Partai Gerindra beberapa waktu lalu memutuskan berkoalisi dengan 3 partai politik (parpol) lain, untuk mengusung bakal pasangan calon (bapaslon) Sutrisna Wibawa-Ardi Widanto. Padahal, Surat Keputusan (SK) Penetapan belum turun hingga saat ini.

Saat ditanyakan, Ketua DPC Gerindra Gunungkidul Purwanto beralasan kendala internal partai menjadi penyebab.

"Kami kan baru rakernas (rapat kerja nasional) dan memutuskan Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum Partai Gerindra," jelas Purwanto, Rabu (02/09/2020).

Lantaran keputusan rakernas baru keluar, Purwanto menyebut Dewan Pimpinan Pusat (DPP) kemudian mengurus legalitas organisasi kepartaian ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) RI.

Daftar Pilkada Gunungkidul 2020, Bapaslon Wajib Lakukan Swab Test

Proses pengurusan legalitas inilah yang membuat SK Penetapan untuk bapaslon ke Pilkada Gunungkidul belum turun hingga saat ini.

Purwanto menyebutnya sebagai pemunduran.

"Tak hanya terjadi di Gunungkidul, pemunduran ini terjadi di seluruh wilayah yang menggelar Pilkada serentak," jelasnya.

Kendati begitu, DPD Gerindra Gunungkidul sebelumnya sudah mengajukan rekomendasi pencalonan atas nama Sutrisna Wibawa.

Rektor UNY itu diketahui turut mendaftar lewat Gerindra.

Purwanto optimis jika DPP nantinya akan menunjuk Sutrisna Wibawa sebagai calon Bupati Gunungkidul.

Itu sebabnya ia percaya diri untuk meneken kesepakatan koalisi dengan PAN, PKS, dan Demokrat.

"Toh sejak awal pengajuan rekomendasi sudah ada nama beliau (Sutrisna), tentu SK-nya nanti akan menetapkan hal yang sama," kata Purwanto.

KPU Gunungkidul Jadikan Si Gunung Maskot Pilkada 2020

Penandatanganan kesepakatan koalisi tersebut dilakukan pada Senin (31/08/2020) di Joglo Sokoliman, Bejiharjo, Karangmojo.

Seluruh ketua parpol yang berkoalisi hadir dalam acara tersebut.

Ketua DPD PAN Gunungkidul Arif Setiadi mengatakan pihaknya juga sudah menyebut jika Gerindra tidak memiliki persoalan untuk berkoalisi.

Berkaitan dengan SK Penetapan dari Gerindra yang belum turun hingga saat ini, Arif menyebut itu menjadi urusan internal partai berlambang Garuda tersebut.

"Intinya mereka menyatakan siap dan yakin SK-nya akan jatuh pada Sutrisna-Ardi sebagai pasangan yang diusung," kata Arif.(TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved