Breaking News:

Australia Mengalami Resesi Pertama Selama Hampir 30 Tahun

Produk domestik bruto (PDB) menyusut 7% pada kuartal April-Juni dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya.

William WEST / AFP
Seorang pria meminta uang di kawasan pusat bisnis Melbourne pada 2 September 2020. Australia telah memasuki resesi pertamanya sejak 1991 setelah ekonomi menyusut 7 persen pada kuartal kedua, angka resmi menunjukkan pada 2 September, ketika negara itu terhuyung-huyung dari pandemi virus corona. . 

TRIBUNJOGJA.COM - Ekonomi Australia telah jatuh ke dalam resesi pertamanya dalam hampir 30 tahun, karena menderita dampak ekonomi akibat virus corona.

Produk domestik bruto (PDB) menyusut 7% pada kuartal April-Juni dibandingkan dengan tiga bulan sebelumnya.

Dikutip TribunJogja.com dari BBC, ini adalah penurunan terbesar sejak pencatatan dimulai pada tahun 1959 dan terjadi setelah penurunan 0,3% pada kuartal pertama.

Suatu perekonomian dianggap dalam resesi jika melihat pertumbuhan negatif dua kuartal berturut-turut.

Australia adalah satu-satunya ekonomi besar yang menghindari resesi selama krisis keuangan global 2008, terutama karena permintaan dari China akan sumber daya alamnya.

Pada awal tahun ini, ekonomi terpukul oleh penurunan pertumbuhan ekonomi akibat musim kebakaran hutan yang ekstrim dan tahap awal wabah virus corona.

Seorang pejalan kaki berjalan melewati pameran toko di Burke Steet Mall yang sepi di kawasan pusat bisnis Melbourne pada 2 September 2020. Australia telah memasuki resesi pertamanya sejak 1991 setelah ekonomi menyusut 7 persen pada kuartal kedua, angka resmi menunjukkan pada 2 September, saat negara terhindar dari pandemi virus korona.
Seorang pejalan kaki berjalan melewati pameran toko di Burke Steet Mall yang sepi di kawasan pusat bisnis Melbourne pada 2 September 2020. Australia telah memasuki resesi pertamanya sejak 1991 setelah ekonomi menyusut 7 persen pada kuartal kedua, angka resmi menunjukkan pada 2 September, saat negara terhindar dari pandemi virus korona. (William WEST / AFP)

Baru-baru ini, penutupan bisnis di seluruh negeri telah berdampak buruk, terlepas dari tindakan pemerintah dan bank sentral untuk mendukung perekonomian.

Ini adalah pertumbuhan ekonomi terburuk dalam 61 tahun karena kontraksi yang parah dalam pengeluaran rumah tangga untuk barang dan jasa.

2020 akan menjadi tahun yang harus diingat dan tahun yang semua orang sudah berusaha untuk melupakan!

Ini adalah tahun di mana Australia secara teknis kehilangan julukannya yang terkenal sebagai 'Negeri Beruntung' dan jatuh ke dalam resesi untuk pertama kalinya dalam hampir tiga dekade.

Halaman
123
Penulis: Joko Widiyarso
Editor: Joko Widiyarso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved