Breaking News:

Penjelasan KPU DIY Tentang Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Pilkada 2020 di 3 Kabupaten

Pada tanggal 4 dan 5 September pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 WIB dan diakhir ipada pukul 16.00 WIB.

Editor: ribut raharjo
istimewa
Ilustrasi Pilkada serentak 2020 

TRIBUNJOGJA.COM - Menjelang Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati Bantul, Sleman dan Gunungkidul yang akan dilaksanakan pada 4-6 September 2020 di masing-masing kantor KPU Kabupaten Bantul, Sleman dan Gunungkidul, KPU DIY menyampaikan beberapa informasi melalui rilis yang diterima Tribunjoga.com, Selasa (1/9/2020).

Pada tanggal 4 dan 5 September pendaftaran dibuka pada pukul 08.00 WIB dan diakhir ipada pukul 16.00 WIB. Khusus pada tanggal 6 September 2020, pendaftaran akan dibuka hingga pukul 24.00 WIB.

Untuk mengoptimalkan distribusi informasi tentang pendaftaran ini, selain mengumumkan di papan pengumuman dan lamanr esmiKPU Kabupaten setempat, KPU KabupatenBantul, Sleman dan Gunungkidul, juga mengumumkan informasi pendaftaran melalui media massa.

Syarat Pencalonan dan bakal pasangan calon dalam Pemilihan Serentak Tahun 2020 ini, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 serta turunannya pada Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017, yang telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020, maupun Keputusan KPU Nomor
394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/2020 sebagai pedoman teknis, adalah sebagai berikut:

Bagi Bakal Pasangan Calon yang diusulkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik:

Diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kabupaten Bantul, Sleman atau Gunungkidul. Dalam mengusung bakal pasangan calon partai politik atau gabungan partai politik di setiap kabupaten tersebut harus memenuhi syarat:

Memperoleh paling sedikit 20% dari jumlah kursi DPRD Kabupaten di setiap kabupaten penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tersebut.

Memperoleh paling sedikit 25% dari akumulasi perolehan suara sah dalam Pemilu Anggota DPRD Kabupaten di setiap kabupaten penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tersebut.

Selain harus memenuhi persyaratan pencalonan, masing-masing calon kepala daerah juga harus memenuhi syarat calon.

Rincian syarat calon Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bantul, Sleman dan Gunungkidul adalah sebagaimana diatur dalam Pasal 4 danPasal 5 Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2017 sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2020.

Dalam mendaftarkan pasangan calon, pimpinan partai politik atauga bungan partai politik dan bakal pasangan calon wajib hadir saat pendaftaran. Pendaftaran tidak dapat dilakukan jika pimpinan partai politik atau gabungan partai politik atau salah satu bakal pasangan calon tidak dapat hadir pada saat pendaftaran, kecuali ketidakhadiran tersebut disebabkan oleh halangan yang dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari instansi yang berwenang.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved