Breaking News:

Yogyakarta

KPU DIY Umumkan Pendaftaran Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pemilihan Serentak 2020

Pendaftaran bakal pasangan calon Bupati akan dilaksanakan pada 4–6 September 2020 di masing-masing kantor KPU Kabupaten Bantul, Sleman dan Gunungkidul

TRIBUNJOGJA.COM / Maruti Asmaul Husna Subagio
Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan (tengah) bersama Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU DIY, Moch Zaenuri Ikhsan, dan Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Ahmad Shidqi dalam konferensi pers, Selasa (1/9/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Maruti Asmaul Husna

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY telah mengumumkan jadwal dan persyaratan pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati pemilihan serentak 2020.

Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan menyampaikan pendaftaran bakal pasangan calon Bupati Bantul, Sleman, dan Gunungkidul akan dilaksanakan pada 4–6 September 2020 di masing-masing kantor KPU Kabupaten Bantul, Sleman dan Gunungkidul.

Pada 4 dan 5 September pendaftaran dibuka pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB. Khusus 6 September 2020, pendaftaran akan dibuka hingga pukul 24.00 WIB.

“Untuk mengoptimalkan distribusi informasi tentang pendaftaran ini, selain mengumumkan di papan pengumuman dan laman resmi KPU Kabupaten setempat, KPU Kabupaten Bantul, Sleman, dan Gunungkidul juga mengumumkan informasi pendaftaran melalui media massa,” ujar Hamdan dalam konferensi pers, Selasa (1/9/2020).

Pasangan Calon Pilkada Wajib Sertakan Hasil Tes Swab Covid-19 saat Mendaftar ke KPU

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU DIY, Moch Zaenuri Ikhsan menyampaikan, syarat pencalonan dan bakal pasangan calon dalam pemilihan serentak 2020 ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 yang telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 serta turunannya pada Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017, yang telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan KPU nomor 1 Tahun 2020, maupun Keputusan KPU Nomor 394/PL.02.2-Kpt/06/KPU/VIII/ 2020 sebagai pedoman teknis.

Pertama, syarat bagi bakal pasangan calon yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik.

Yakni, Diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki kursi di DPRD kabupaten Bantul, Sleman, atau Gunungkidul.

Dalam mengusung bakal pasangan calon partai politik atau gabungan partai politik di setiap kabupaten tersebut harus memenuhi syarat:

·           Memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD Kabupaten di setiap kabupaten penyelenggara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tersebut.

Halaman
123
Penulis: Maruti Asmaul Husna
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved