Breaking News:

Pemkab Kulonprogo Gelar Kegiatan Operasi Patuh Protokol Kesehatan Covid-19

Kegiatan tersebut bermula dari laporan masyarakat dengan adanya pelanggaran protokol kesehatan terhadap physical distancing.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Muhammad Fatoni
dok. Satpol PP Kulonprogo
Pemkab Kulonprogo melakukan kegiatan Operasi Patuh Protokol Kesehatan Covid-19 di Kedai Kopi Ampirono. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo menggelar kegiatan operasi patuh protokol kesehatan Covid-19 di Kedai Kopi Ampirono, yang berlokasi di Kalurahan Pendowoharjo, Kapanewon Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo pada Sabtu (29/8/2020).

Kegiatan tersebut bermula dari laporan masyarakat dengan adanya pelanggaran protokol kesehatan yakni physical distancing.

Kepala Satpol PP Kabupaten Kulonprogo, Sumiran, mengatakan kegiatan operasi patuh protokol kesehatan ini tindak lanjut dari adanya dugaan pelanggaran tersebut.

"Kami melakukan tindakan tegas dengan cara memasang spanduk dari Dinas Pariwisata (Dinpar) Kulonprogo yang menandakan tempat usaha tersebut tidak mematuhi protokol kesehatan," tuturnya.

BREAKING NEWS : Minggu Pagi, Menkopolhukam Mahfud MD Keliling Malioboro Sambil Bagi-bagi Masker

BREAKING NEWS : Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara YIA di Kulonprogo

Terlebih, Pemkab Kulonprogo sebelumnya sudah 8 kali melakukan edukasi kepada manajemen Kedai Kopi Ampirono, namun pihaknya tidak mengindahkan protokol kesehatan tersebut.

Sementara, Sekretaris Satpol PP Kabupaten Kulonprogo, Hera Suwanto mengatakan pihaknya terus melakukan pemantauan di Kedai Kopi Ampirono tersebut.

Pemkab Kulonprogo melakukan kegiatan Operasi Patuh Protokol Kesehatan Covid-19 di Kedai Kopi Ampirono.
Pemkab Kulonprogo melakukan kegiatan Operasi Patuh Protokol Kesehatan Covid-19 di Kedai Kopi Ampirono. (dok.Satpol PP Kulonprogo)

Jika tetap melanggar, pihaknya akan memberlakukan sanksi tegas bahkan hingga penutupan.

"Dari pemantauan di lapangan diketahui ada pelanggaran physical distancing. Pengunjung mengular sampai ke sawah dengan menggelar tikar," ucapnya.

Pelanggaran Wisatawan Tanpa Masker Paling Banyak di Malioboro

Disebut Jokowi Sebagai Bandara Terbaik RI, Berikut 5 Keistimewaan Yogyakarta International Airport

Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo, Joko Mursito, membenarkan dengan adanya kegiatan operasi protokol kesehatan yang tidak mengindahkan pembatasan pengunjung di Kedai Kopi Ampirono.

"Iya ada aduan dari masyarakat melalui anggota DPRD Kulonprogo terkait pengunjung yang over load, sehingga mengabaikan protokol kesehatan," ucapnya saat dikonfirmasi Minggu (30/8/2020).

Oleh sebab itu, dilakukan penertiban yang dipimpin oleh Kasat Pol PP Kabupaten Kulonprogo yang didampingi oleh bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kulonprogo, Dinpar Kabupaten Kulonprogo, Kepolisian dan TNI.

Pemkab Kulonprogo melakukan kegiatan Operasi Patuh Protokol Kesehatan Covid-19 di Kedai Kopi Ampirono.
Pemkab Kulonprogo melakukan kegiatan Operasi Patuh Protokol Kesehatan Covid-19 di Kedai Kopi Ampirono. (Dok. Satpol PP Kulonprogo)

"Pemasangan spanduk tersebut untuk mengimbau agar ada perbaikan sistem. Jika sudah ada perbaikan sistem yang mengacu protokol kesehatan maka spanduk akan diturunkan oleh Pol PP," kata Joko.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Kabupaten Kulonprogo yang juga sekaligus menjabat sebagai Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana, mengatakan penertiban tersebut dilakukan karena pihak pengelola kedai kopi tidak mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah seperti pembatasan pengunjung.

Oleh sebab itu, perlu ditindak tegas agar tidak menimbulkan kerumunan yang dapat menyebarkan Covid-19. (*)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved