Breaking News:

Klaten Keren

Bupati Klaten Sri Mulyani Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana Berkat Kampung KB

Bupati Klaten Sri Mulyani dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2020 ata dedikasinya terhadap program KB

ist
Bupati Klaten Sri Mulyani dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2020 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani dianugerahi penghargaan Manggala Karya Kencana Tahun 2020 atas dedikasi dan komitmennya sebagai kepala daerah dalam pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana atau dikenal dengan Program Bangga Kencana di Kabupaten Klaten.

Penyematan dan penyerahan penghargaan dilakukan secara langsung oleh Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo yang hadir bersamaan dengan Peringatan Hari Kontrasepsi Sedunia Tingkat Kabupaten Klaten, di Pendopo Pemda Klaten, Sabtu (29/8).

“Pada kesempatan ini kami atas nama BKKBN pusat kami menganugerahkan tanda penghargaan Manggala Karya Kencana yang merupakan bentuk apresiasi kepada kepala daerah yang dinilai telah menunjukan komitmen, dukungan serta jasa dalam program Bangga Kencana di wilayah kabupaten” ungkap Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo

Pihaknya mengapresiasi peran Bupati Klaten bahwa prestasi pembangunan keluarga yang ada di Kabupaten Klaten sangat membanggakan. Salah satunya dengan adanya kampung KB yang ada di Klaten ini telah berkembang dengan baik.

Hasto menyebutkan ada beberapa indikator penilaian yang digunakan BKKBN. Dari sekian banyak indikator, salah satunya adalah total fertility rate atau TFR.

“Klaten ini termasuk bagus dalam program KB, termasuk TFR nya atau total fertility rate nya sudah 2,1. Ini yang saya katakan termasuk bagus. Ini sudah keren, tinggal mempertaahankan saja dan tinggal meningkatkan kualitasnya dan jangan putus, mulai dari Genre” Imbuhnya

Sementara itu Bupati Sri Mulyani menyebutkan bahwa perencanaan keluarga melalui pemanfaatan kontrasepsi merupakan gerakan global yang penting dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan perempuan.

Selain untuk mengendalikan angka kelahiran, penggunaan kontrasepsi sekaligus untuk memperkuat hak-hak perempuan dalam mempersiapkan waktu kehamilannya dan untuk menjaga kesehatannya. Dengan merencanakan jarak kehamilan yang baik, maka perempuan dapat lebih memberdayakan diri baik dalam segi pendidikan maupun sosial. Sehingga kesejahteraan bagi perempuan maupun keluarganya dapat ditingkatkan.

Upaya pembangunan keluarga di Kabupaten Klaten telah menunjukan hasil yang membanggakan. Salah satunya dengan adanya apresiasi penghargaan Manggala Karya Kencana yang diberikan BKKBN kepada Bupati Klaten.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada segenap pihak, sehingga Pemkab Klaten dapat melakukan pembangunan keluarga dengan prestasi yang membanggakan. Tentunya ini menjadi penyemangat untuk kita semua, supaya angaka kepadatan penduduk di Klaten semakin bisa kita kendalikan, masyarakat semakin sadar bahwa dua anak maka lebih sehat dan lebih baik juga tentunya agar terbentuk keluarga yang berkualitas dan sejahtera” ungkap Bupati Sri Mulyani usai menerima penghargaan dari BKKBN.

Sebagai informasi, Bupati Sri Mulyani merupakan satu diantara 4 kepala daerah di Provinsi Jawa Tengah yang memperoleh tanda penghargaan tersebut. Beberapa kepala daerah lainnya antara lain Walikota Surakarta, Bupati Pekalongan, dan Bupati Cilacap. Selain itu, penghargaan turut diraih oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap dan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Surakarta.

Penyerahan penghargaan pada Bupati Klaten sekaligus memperingati hari kontrasepsi sedunia di tingkat Kabupaten Klaten dilakukan secara video conference dengan 26 kecamatan. Sekitar 600 peserta mengikuti kegiatan ini secara daring yang diantaranya meliputi Camat, penyuluh KB, Ketua TP PKK Kecamatan, PPKBD dan SUB PPKBD.

Turut hadir Kepala BKKBN RI, Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, DP3AKB Provinsi Jawa Tengah, Bupati Klaten, Sekda Kabupaten Klaten, Kepala Dinas Sosial P3AKB Klaten, Kepala OPD, Ketua TP PKK Klaten,DWP Klaten, dan sejumlah pejabat lainnya. (*)

Editor: Ikrob Didik Irawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved