Breaking News:

Jawa

Bupati Klaten Sri Mulyani Laksanakan Panen Perdana Padi Merah di Desa Demakijo

Bupati Klaten melaksanakan panen perdana benih padi merah di lahan sawah seluas 1 hektar di Dukuh Kronggahan, Desa Demakijo.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Bupati Klaten Sri Mulyani Laksanakan Panen Perdana Padi Merah di Desa Demakijo 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Bupati Klaten Sri Mulyani melaksanakan panen perdana benih padi merah dan peresmian ruang terbuka publik (RTP) di Desa Demakijo, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten, Jumat (28/8/2020).

Orang nomor satu di Kabupaten Bersinar itu, melaksanakan panen perdana benih padi merah di lahan sawah seluas 1 hektar di Dukuh Kronggahan, Desa Demakijo.

"Tentunya ini sangat luar biasa dan saya sangat mengapresiasi panen perdana padi merah ini. Padi merah ini nilai jualnya cukup menjanjikan semoga ke depannya varietas padi merah ini cocok bagi petani di desa ini dan terus dikembangkan," ujarnya.

Kata dia, padi merah itu masa panennya hampir sama dengan jenis padi-padi lainnya yang memakan waktu tanam sekitar 110 hari.

Gagal Dampingi Sri Mulyani di Pilkada Klaten 2020, Begini Respon Aris Prabowo

Untuk perawatan pun juga hampir sama sehingga, Sri Mulyani, mendorong masyarakat agar padi merah itu bisa semakin dikembangkan oleh warga Desa Demakijo dan desa-deaa lainnya di Klaten sehingga Klaten memiliki keunggulan baru di sektor pertanian.

"Nanti pak kades bisa berikan bantuan bibitnya ke petani agar banyak yang menanam padi jenis ini," pintanya.

Selain melakukan panen padi merah, di desa itu, juga dilakukan penyemprotan hama wereng kepada sekitar 5 hektar sawah milik warga.

Hal itu sebagai antisipasi untuk mencegah penyebaran hama wereng yang cukup banyak terjadi di Klaten beberapa waktu terakhir.

Begini Sosok Yoga Hardaya di Mata Calon Bupati Klaten Petahana Sri Mulyani

"Tadi juga ada penyemprotan sawah kepada seluas 5 hektar. Memang beberapa waktu terakhir ini persawahan yang ada di Kabupaten Klaten lagi memprihatinkan yaitu adanya hama wereng. Semoga ini cepat berlalu karena tim dari dinas pertanian sudah berupaya mengendalikan," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Sri Mulyani juga meresmikan RTP Desa Demakijo atau yang biasa disebut oleh warga sekitar dengan Taman Lampion.

Ia berpesan kepada warga untuk selalu menjaga RTP tersebut agar bisa menjadi ruang publik yang nyaman untuk berkumpul bagi warga desa setempat.

"Saya dulu bercita-cita punya rumah dan taman seperti ini. Saya harap ini bisa dirawat dan dijaga," harapnya. (TRIBUNJOGJA.COM

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved