Breaking News:

Akhir Tahun Waktu Tepat Beli Mobil Baru. Mitos atau Fakta?

Banyak orang beranggapan bahwa momen akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk membeli mobil baru

Kontan.co.id/Carolus Agus Waluyo
Ilustrasi penjualan mobil 

TRIBUNJOGJA.COM – Banyak orang beranggapan bahwa momen akhir tahun adalah waktu yang tepat untuk membeli mobil baru. Sebab, biasanya akan ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan, mulai dari potongan harga, pengurusan kredit, hingga bonus aksesori.

Business Development Auto Loan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, Zu Niki Mada, membenarkan fakta tersebut. Menurut dia, akhir tahun adalah waktu yang paling tepat untuk membeli mobil.

“Pada akhir tahun biasanya diler akan segera mengosongkan sisa produk yang belum terjual di tahun tersebut. Sebab, apabila stok masih sisa di tahun berikutnya, diler terpaksa harus menjual di bawah harga baru,” kata Niki, seperti dilansir Kompas.com, Jumat (28/8/2020).

Itu sebabnya, lanjut Niki, mengapa setiap akhir tahun diler selalu menyajikan beragam promo pembelian kendaraan kepada masyarakat.

“Biasanya akan ada tiga penawaran menjelang akhir tahun yang dilakukan oleh diler dan sudah di-support dengan bank atau lembaga pembiayaan. Pertama adalah diskon. Yang kedua, bank akan support diler dengan down payment (DP) yang lebih rendah. Terakhir, cicilan yang jauh lebih ringan,” katanya.

Kendati banyak promo yang bisa didapat, membeli kendaraan pada akhir tahun juga ada kerugiannya, seperti unit yang didapat jelas produksi tahun sebelumnya, bahkan kalau inden baru bisa dikirim awal tahun berikutnya.

Belum lagi, jika membeli di akhir bulan, otomatis akan makan waktu untuk mengurus surat-surat, yang secara birokrasi sudah ada libur Natal dan tahun baru.

Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved