Breaking News:

Jawa

Puluhan Orang Terjaring Operasi Masker di Kota Magelang, Kena Sanksi Administrasi sampai Push Up

Puluhan orang terjaring dalam operasi masker yang dilaksanakan oleh Satpol PP Kota Magelang, TNI dan Polri, di beberapa pasar dan tempat umum di Kota

Istimewa
Warga terjaring operasi masker oleh Satpol PP Kota Magelang, TNI dan Polri, Senin (24/8/2020) di Alun-alun Kota Magelang, dikenakan sanksi administrasi, hingga sanksi push-up. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Puluhan orang terjaring dalam operasi masker yang dilaksanakan oleh Satpol PP Kota Magelang, TNI dan Polri, di beberapa pasar dan tempat umum di Kota Magelang, Senin (24/8/2020).

Mereka dikenakan sanksi administrasi, hingga sanksi push-up.

Kepala Satpol PP Kota Magelang, Singgih Indri Pranggana, mengatakan, Peraturan Wali Kota Magelang (Perwal) Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru Produktif dan Aman Covid-19 bagi Masyarakat Kota Magelang telah diterbitkan.

Operasi gabungan penertiban protokol kesehatan pun dilaksanakan pada Senin (24/8/2020) ini.

Bupati Magelang Izinkan Wisata Pasar Tradisi Dibuka

Penertiban protokol kesehatan dengan mengecek penggunaan masker oleh masyarakat, tempat cuci tangan di tempat umum dan pertokoan dan menghalau kerumunan.

"Satpol PP Kota Magelang bersama TNI/Polri, Senin (24/8) mulai pukul 09.00 menggelar operasi gabungan penertiban terkait protokol kesehatan. Seperti penggunaan masker, cek tempat cuci tangan dan menghalau kerumunan," tutur Singgih, Senin (24/8).

Titik lokasi di pasar-pasar, pertokoan, dan tempat umum. Mulai dari Pasar Rejowinangun, Alun-alun Kota Magelang, Gardena, Trio Plaza, dan Pasar Gotong Royong. Hasilnya, ada puluhan orang yang kedapatan tak mengenakan masker.

Beberapa pelanggar yang kedapatan tak mengenakan masker, harus membeli masker secara langsung. Jika tidak, pelanggar diminta pulang. Ada juga pelanggar yang dikenakan sanksi sosial seperti push up.

Virus Corona: Pedoman Baru WHO, Anak-anak 12 Tahun ke Atas Harus Pakai Masker

"Terjaring keseluruhannya puluhan dan yang terbanyak justru di tempat umum. Kalau di pasar, tadi sudah bagus. Pedagang sudah tertib. Namun, ada beberapa saja yang kita berikan sanksi. Kemudian tadi ada juga yang diberikan sanksi sosial untuk push up. Push up terukur, tak semata-mata penghukuman tetapi juga edukasi," tutur Singgih.

Halaman
12
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved