Breaking News:

Mantan Pejabat di Korsel Sebut Pemimpin Korut Kim Jong Un Koma, Foto di Depan Publik Hanya Rekayasa

Mantan Pejabat di Korsel Sebut Pemimpin Korut Kim Jong Un Koma, Foto di Depan Publik Hanya Rekayasa

Editor: Hari Susmayanti
KCNA VIA KNS / AFP via Getty Image
Kim Jong-un bersemangat dalam pertemuan itu 

TRIBUNJOGJA, SEOUL - Rumor soal kesehatan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un kembali menyeruak setelah sebelumnya dikabarkan kritis pada medio April hingga Mei lalu.

Kali ini, kabar yang menyebutkan Kim Jong Un sudah koma selama berbulan-bulan kembali muncul.

Sementara foto Kim Jong Un yang beberapa waktu terakhir menghadiri sejumlah kegiatan diklaim hanya rekayasa saja.

Hal itu disampaikan oleh Chang Song-min, mantan staf di pemerintahan Presiden Korea Selatan Kim Dae-jung, yang berkuasa pada periode 1998 sampai 2003.

Sang diktator yang diyakini berusia 36 tahun itu jarang tampil di depan publik pada tahun ini, menyusul rumor dia menjalani operasi jantung.

Chang mengklaim adik Kim Jong Un, Kim Yo Jong, akan menggantikan kakaknya untuk memimpin negara yang menganut ideologi Juche tersebut.

"Saya menilai bahwa saat ini dia berada dalam keadaan koma. Tetapi, hidupnya takkan berakhir begitu saja," kata Chang kepada media Korea Selatan.

Dia menyatakan, foto-foto Kim yang dipublikasikan media Korea Utara selama berbulan-bulan adalah palsu, dilaporkan The Sun Senin (24/8/2020).

Chang menambahkan, Kim Yo Jong bakal menjadi pemimpin karena Korut tidak boleh berada dalam keadaan kekosongan kekuasaan terlalu lama.

Ini bukan kali pertama sang mantan pejabat Cheong Wa Dae atau Gedung Biru, julukan kantor kepresidenan Korea Selatan, mengklaim demikian.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved