Breaking News:

Unik, Pria di Magelang Ini Koleksi Ratusan Radio Transistor Lawasan, Tertua Lansiran Tahun 1950

Unik, Pria di Magelang Ini Koleksi Ratusan Radio Transistor Lawasan, Tertua Lansiran Tahun 1950

Tribunjogja/Rendika Ferri Kurniawan
Radio-radio transistor koleksi Indra Febriyanto (35), warga Kendal Growong RT 02/RW 04, Desa Pucungrejo, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang berjumlah ratusan unit. Dari yang era 1950-an, 1960-an, hingga yang agak modern era tahun 1990. 

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Radio transistor memang sudah lewat masa jayanya, berganti media lain yang lebih konvensional seperti televisi, bahkan media digital melalui internet dan lainnya.

Namun, bagi pecintanya, radio tetap setia didengarkan hingga sekarang, bahkan dikoleksi menjadi barang antik yang tinggi nilainya.

Seperti Indra Febriyanto (35), warga Kendal Growong RT 02/RW 04, Desa Pucungrejo, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang mengoleksi hampir ratusan unit lebih radio transistor di rumahnya.

Radio yang dikoleksinya dari yang era 1950-an, 1960-an, hingga yang agak modern di era tahun 1990.

Indra sudah mengoleksi radio ini sejak empat tahun yang lalu, sekitar tahun 2015 sampai 2016.

Awal kesukaannya dengan radio transistor ini karena dulu ia juga bekerja di salah satu stasiun radio di Radio Tidar Magelang.

Dari off air, event-event radio, dan bersiaran di radio secara langsung.

Sampai akhirnya ia memutuskan berhenti siaran. Indra ingin menyimpan sesuatu sebagai pengingat profesinya sebagai penyiar radio. Kebetulan ia juga menyenangi barang-barang lawas.

Mulailah, ia mengumpulkan radio-radio lama. Berburu dari satu daerah ke daerah, hingga ke lapak online. Dari satu radio transistor hingga sampai berjumlah lebih dari 100 unit sekarang.

"Sebelum berhenti, saya ingin banget piye carane untuk bisa mengabadikan saya sebagai seorang penyiar radio itu. Nah karena suka lawasan, terus saya bermain radio transistor ini.

Halaman
123
Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Hari Susmayanti
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved