Breaking News:

MotoGP

Kapan Marc Marquez Bisa Balapan Lagi di MotoGP 2020?

Setelah lengannya patah karena kecelakaan saat pembukaan musim MotoGP 2020 di Jerez bulan lalu, Marquez menjalani operasi awal dua hari setelah cedera

AFP/JAVIER SORIANO
Pebalap Repsol Honda Team, Marc Marquez (kiri) saat menjalani balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (19/7/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM - Honda telah mengumumkan juara dunia MotoGP Marc Marquez akan absen selama dua hingga tiga bulan lagi karena lengan kanannya patah.

Setelah lengannya patah karena kecelakaan saat pembukaan musim MotoGP 2020 di Jerez bulan lalu, Marquez menjalani operasi awal dua hari setelah cedera.

Hal tersebut memicu upaya comeback berani di babak kedua kurang dari seminggu kemudian di sirkuit Spanyol.

Meski menyelesaikan FP3 dan FP4 di Andalusia Grand Prix, Marquez mundur karena bengkak di lengannya dan diperkirakan akan kembali beraksi untuk GP Ceko.

Namun, pelat yang dipasang di lengannya telah rusak akibat tekanan selama usahanya untuk kembali ke GP Andalusia dan patah ketika dia mencoba membuka jendela di rumahnya di Spanyol.

Ini membutuhkan operasi lain untuk memasang pelat baru, yang membuatnya absen dari GP Ceko dan melakukan double-header di Austria.

Marc Marquez saat terjatuh dari motornya di MotoGP Spanyol
Marc Marquez saat terjatuh dari motornya di MotoGP Spanyol (BT Sport)

Marquez kemudian diharapkan kembali balapan di Grand Prix San Marino pada bulan September untuk yang pertama dari dua balapan Misano diikuti oleh GP Catalan.

Namun, pemulihan lengan kanannya setelah operasi kedua ternyata lebih lambat dari yang diantisipasi, dan Honda sekarang telah mengonfirmasi bahwa Marquez akan absen setidaknya dua bulan lagi.

"Ada banyak pembicaraan tentang pemulihan Marc dan berbagai tenggat waktu, tetapi dari hari pertama setelah operasi kedua kami telah mengatakan bahwa satu-satunya tujuan yang ada adalah agar dia menjadi seratus persen," kata Alberto Puig, manajer tim Honda dikutip TribunJogja.com dari Motosport.com.

“Kami tidak ingin terburu-buru. Begitu Marc berada dalam posisi untuk kembali dan bersaing di level yang dia tahu, maka kami akan memikirkan tujuan selanjutnya. "

Meskipun peluangnya untuk meraih gelar kelas premier ketujuh sangat tipis, dengan Marquez saat ini terpaut 67 poin, absennya yang berkepanjangan ini mengakhiri harapan untuk meraih gelar juara pada tahun 2020.

Stefan Bradl
Stefan Bradl (MotoGP)

Pebalap penguji HRC Stefan Bradl, yang menggantikan Marquez di Brno dan double-header Austria, akan terus menggantikan juara dunia yang cedera itu bersama saudaranya Alex Marquez di tim pabrikan Honda.

Jika waktu pemulihan Marquez diperpanjang menjadi dua bulan, ada kemungkinan dia bisa kembali menggunakan Honda untuk triple-header terakhir di Valencia dan Portugal pada November.

Namun, karena jawal balapan yang lebih pendek akibat penundaan virus corona, ada kemungkinan Marquez tidak dapat balapan lagi tahun ini.

Setelah operasi pertamanya, Marquez membagikan video dirinya sedang menguji lengannya di gym .

Penulis: Joko Widiyarso
Editor: Joko Widiyarso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved