Breaking News:

Jumlah Penumpang Pesawat Akan Melonjak Jika Syarat Rapid Test Dihapus

jumlah penumpang pesawat akan naik dan industri penerbangan akan pulih jika penghapusan syarat rapid test atau PCR test direalisasikan

Tribun Jogja/nto
Ilustrasi penumpang pesawat 

TRIBUNJOGJA.COM -- PT Angkasa Pura I (Persero) meyakini jumlah penumpang pesawat akan naik dan industri penerbangan akan pulih jika penghapusan syarat rapid test atau PCR test direalisasikan.

Menurut Direktur Utama Aangkasa Pura  I, Faik Fahmi, pada periode 1-16 Agustus 2020 jumlah penumpang mencapai lebih dari 1 juta orang atau tumbuh 53% dibandingkan periode yang sama bulan lalu yang hanya sebanyak 652.107 orang.

Peningkatan tersebut juga diimbangi dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan di bandara. Selain itu, menambah layanan fasilitas rapid test di 11 bandara dan jam operasional bandara.

"Melalui berbagai upaya tersebut dan rencana penghapusan surat keterangan hasil rapid test nonreaktif sebagai syarat melakukan penerbangan, kami berharap dan optimistis pergerakan penumpang pesawat akan terus meningkat, sehingga industri penerbangan lekas kembali pulih," kata Faik Fahmi, seperti dilansir Kontan, Kamis (20/8/2020).

Faik menjelaskan, pada periode 1-16 Agustus 2020 ada 13.197 pergerakan pesawat atau tumbuh 21% dibandingkan dengan periode yang sama bulan lalu yang mencapai 10.834 pergerakan. Sementara itu, trafik kargo pada periode ini mencapai 18.203 ton.

Pertumbuhan ini dimulai sejak Mei hingga Juli 2020 secara berurutan yaitu masing-masing sebanyak 77.342 penumpang, 648.567 penumpang, dan lebih dari 1,3 juta penumpang.

Trafik penumpang tertinggi pada periode ini, lanjutnya, terjadi di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan jumlah penumpang sebanyak 245.991 orang. Trafik penumpang tertinggi kedua pada periode ini terjadi di Bandara Juanda Surabaya dengan jumlah mencapai 224.428 orang.

Selain kedua bandara tersebut, pergerakan penumpang tertinggi ketiga terjadi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan trafik 115.557 orang.

Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved