Breaking News:

Catat, Kredit Mobil Listrik Bakal Bebas Uang Muka

Nantinya, kredit mobil listrik bakal bebas uang muka (down payment) alias DP 0%.

Tribun Jogja/Cahyo Nugroho
Ilustrasi mobil listrik 

TRIBUNJOGJA.COM -- Bank Indonesia akan merelaksasi ketentuan uang muka kredit kendaraan bermotor berwawasan lingkungan per 1 Oktober 2020 mendatang. Nantinya, kredit mobil listrik bakal bebas uang muka (down payment) alias DP 0%.

"BI akan menurunkan batasan minimum uang muka dari kisaran 5% - 10% menjadi 0%," kata Perry Warjiyo, Gubernur BI, seperti dilansir Kontan, Kamis (20/8/2020).

Soal ketentuan khusus terkait kendaraan berwawasan lingkungan yang dimaksud, Perry mengatakan bank sentral tidak mengeluarkan ketentuan tersebut. Otoritas moneter menyerahkan segala hal terkait klasifikasi kendaraan ramah lingkungan kepada pemerintah.

Namun, hingga sejauh ini, Perry mengatakan kendaraan ramah lingkungan yang dimaksud antara lain kendaraan bermotor tenaga listrik.

"Nanti pemerintah yang akan menetapkan. Kami mengikuti saja, mana yang termasuk kendaraan bermotor yang ramah lingkungan," katanya.

Perry menambahkan, relaksasi ini juga merupakan salah satu bentuk sinergi antara BI, pemerintah, dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk mendorong perekonomian lewat rangsangan permintaan kredit.

Relaksasi ini juga akan dilakukan dengan tetap memperhatikan kaidah-kaidah yang berlaku, prudent, dan akan dikelola dengan prinsip kehati-hatian sambil mempererat koordinasi dengan pemerintah dan otoritas terkait.

Sebenarnya, ini bukan kali pertama BI memangkas uang muka kredit kendaraan bermotor berwawasan lingkungan. Pada September 2019 silam, BI sudah menurunkan uang muka kendaraan bermotor berwawasan lingkungan dari 20% - 25% menjadi 5%-10%.

Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved