Breaking News:

Jawa

Polres Magelang Kota Siapkan 500 Personel Lebih Amankan Setiap Tahapan Pilkada

Kepolisian telah mempersiapkan langkah-langkah strategis dalam pengamanan setiap tahapan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Magelang Tahun 2

TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Setyawan, saat diwawancarai usai silaturahmi dengan awak media di RM Ayam Bu Tatik, Magelang, Rabu (19/8/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Kepolisian telah mempersiapkan langkah-langkah strategis dalam pengamanan setiap tahapan dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Magelang Tahun 2020.

Seluruh personel, sebanyak 500 petugas akan diterjunkan mengamankan tiap-tiap tahapan.

Kapolres Magelang Kota, AKBP Nugroho Setyawan, mengatakan, pihaknya telah merumuskan langkah-langkah dalam setiap tahapan. Pihaknya juga telah merapatkan perkiraan kondisi apa yang mungkin terjadi dalam setiap tahapan tersebut.

"Proses pelaksanaan pilkada ini kita telah merumuskan langkah-langkah dalam setiap tahapan. Sudah merapatkan perkiraan kondisi apa yang mungkin terjadi. Kaitannya dengan kamtibmas dalam proses tahapan pilkada tersebut. Untuk pelaksanaan pilkada kita mengerahkan personel. Seluruh personel semuanya kita kerahkan dalam berbagai skema dan tahapan," kata Nugroho, Rabu (19/8/2020).

KPU Kota Magelang Sampaikan Syarat-syarat Pencalonan Pilkada 2020

Nugroho mengatakan, skema pertama adalah skema aman di mana pihaknya akan melakukan pengamanan terhadap lokasi-lokasi yang menjadi titik kumpul atau tempat yang menjadi lokasi pendaftaran seperti Kantor KPU Kota Magelang.

"Kemudian mengantisipasi ada ekskalasi permasalahan yang berpotensi terjadi konflik antar pihak. Anggota kita siapkan menjadi pasukan cadangan untuk antisipasi apabila terjadi konflik," katanya.

Jumlah personel yang dilibatkan sekitar 500 petugas kepolisian lebih. Baik dalam hal pengamanan maupun mengatasi ekskalasi tertentu.

"Selain itu juga dibackup dari Kodim, TNI, pengamanan, dibackup Polres dari daerah tetangga. Ada Brimob paling dekat yang bisa purworejo, Kutoarjo, dalam waktu setengah jam bisa datang," ujar Nugroho.

Masih Pandemi, Kegiatan Malam Satu Sura di Gunung Tidar Kota Magelang Ditiadakan

Pihaknya pun mengupayakan semua yang terbaik agar kondusivitas bisa dalam seluruh tahapan dapat terjaga dengan baik.

"Begitu juga media, agar supaya masyarakat tak mudah terprovokasi mendukung pelaksanaan pilkada. Meskipub pilihannya berbeda, tapi tidak mengedapankan emosi. Ini penting untuk menjadikan langkah bersama Pilkada 2020," ujar Nugroho.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Rendika Ferri K
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved