Breaking News:

Laba Bank BRI Turun 37,4% Selama Semester 1 2020

Pada semester 1 2020 PT Bank Rakyat Indonesia Tbk hanya membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 10,2 triliun

Editor: Victor Mahrizal
IST/Kontan
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM – Pada semester 1 2020 PT Bank Rakyat Indonesia Tbk hanya membukukan laba bersih konsolidasi sebesar Rp 10,2 triliun. Perolehan net profit tersebut turun 37,4% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Selain akibat tekanan pandemi Covid-19, penurunan tersebut sejalan dengan melorotnya pendapatan margin bunga bersih atau net internet margin (NIM) ke level 5,6%.

Direktur Keuangan BRI, Haru Koesmahargyo, menjelaskan upaya penyelamatan UMKM yang dilakukan BRI dan ditambah dengan pemberian insentif ke beberapa debitur lewat penurunan suku bunga membuat NIM menurun. 

"Restrukturisasi yang kita lakukan untuk membantu debitur membuat terlambatnya pendapatan dari kontrak semua dan tidak diperoleh tahun ini," kata Haru, seperti dilansir Kontan, Rabu (19/8/2020).

Di tengah ketidakpastian yang masih membayangi perekonomian Indonesia, BRI telah merevisi rencana bisnisnya tahun ini. Selain merevisi target pertumbuhaaan kredit dari sebelumnya dua digit menjadi 4%-5%, perseroan juga tengah dalam proses merevisi laba. 

Saat ini revisi laba tersebut masih dalam proses pengajuan ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Haru hanya menjelaskan secara eksplisit bahwa proyeksi laba di semester kedua tidak akan setinggi laba di paruh pertama. 

Haru menuturkan, secara logika jika semester I laba bisa mencapai Rp 10,2 triliun maka sampai ujung tahun harusnya bisa mencapai dua kali lipat dari perolehan itu.  Namun, BRI tidak akan membukukan seluruh pendapatan yang diterima di paruh kedua menjadi laba untuk mengantisipasi ketidakpastian yang ada. 

"Kami akan mengalokasikan sebagian pendapatan itu untuk jadi pencadangan sebagai bantalan risiko di tengah ketidakpastian yang masih ada," kata Haru. 

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved