Breaking News:

Berharga Fantastis, Honda CBR1000RR-R Mulai Dipasarkan di Indonesia

Pasar motor gede (moge) di Indonesia kian ramai menyusul PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis motor terbarunya, Honda CBR1000RR-R Fireblade.

Ist
Logo Honda 

TRIBUNJOGJA.COM – Pasar motor gede (moge) di Indonesia kian ramai menyusul PT Astra Honda Motor (AHM) resmi merilis motor terbarunya, Honda CBR1000RR-R Fireblade.

Honda CBR1000RR-R Fireblade dilepas dengan dua varian, yakni tipe STD dan tipe SP. Tipe STD berbanderol dengan harga Rp 990 juta sementara tipe SP yang berwarna Tricolor khas Honda mencapai Rp 1,1 miliar

Mengutip siaran pers Honda Bigbike, seperti dilansir Kontan, Rabu (19/8/2020), Honda CBR1000RR-R Fireblade terinsiparasi dari Honda RC213V MotoGP dan RC213V-S. Desain motor Honda CBR1000RR-R Fireblade cukup aerodinamis dan agresif, layaknya motor supersport Honda lainnya.

Bagian depan Honda CBR1000RR-R Fireblade memiliki kesan futuristik, dengan winglet Honda RC213V. Desain tersebut bermanfaat untuk menjaga kestabilan motor saat akselerasi.

Di bagian depan Honda CBR1000RR-R Fireblade, terdapat lubang udara untuk mendinginkan airbox. Cover tangki bahan bakar didesain untuk berkendara dengan posisi duduk ideal.

Sasis utama Honda CBR1000RR-R Fireblade berbahan alumunium. Honda CBR1000RR-R Fireblade diklaim mampu menghadirkan kesan racy dengan posisi berkendara baru. Posisi setang lebih maju dan pijakan kaki dipasang semakin naik dan mundur.

Dari sisi performa, Honda CBR1000RR-R Fireblade dibekali mesin 999cc DOHC 4 silinder. Mesin tersebut mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya, sehingga mampu bertenaga hingga 160 kW dengan torsi maksimal 113 Nm.

Bagian piston Honda CBR1000RR-R Fireblade terbuat dari alumunium tempa. Itu sebabnya, Honda mengklaim bobot komponen pistonnya lebih ringan dari versi sebelumnya untuk peningkatan tenaga.

Teknologi terbaru yang Honda sematkan pada Honda CBR1000RR-R Fireblade adalah sistem Built-in Bottom Bypass. Sistem sirkulasi air pendingin ini mengalir langsung dari radiator menuju water jacket.

Honda CBR1000RR-R Fireblade juga mengusung teknologi penyemprot pelumnas pendingin pada piston dari segala arah. Fungsinya untuk menjaga temperatur pison dan gesekan berlebih.

Sedangkan fitur canggih juga tersemat pada perangkat elektonik lengkap. Honda CBR1000RR-R Fireblade mendapat bekal sistem bukaan gas bernama Throttle by Wire.

Lalu, ada Sensor Inertia Measurement Unit (IMU) 6-axis untuk pengukuran posisi motor dalam enam sumbu. Sensor tersebut dibantu dengan Honda Electric Steering Damper (HESD) yang mempunyai tiga mode pengaturan: mode hard, medium, dan soft.

Kemampuan Honda CBR1000RR-R Fireblade diklaim sangat fleksibel dengan tiga Riding Mode. Honda CBR1000RR-R Fireblade juga memiliki fitur Wheelie Control untuk mencegah terangkatnya ban depan saat berakselerasi tinggi.

Fitur lainnya, Start Mode. Tujuannya, untuk menjaga putaran mesin agar konstan saat melakukan start. Fitur ini memungkinkan pengendara berkonsentrasi pada pengoperasian kopling agar start semakin optimal.

Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved