Breaking News:

Bisnis

Terapkan Sistem E-Office, Bentuk Transformasi PT TWC Jawab Tantangan Era Digital

Terobosan ini merupakan langkah transformasi digital PT TWC dalam aspek operasional SDM TWC dengan melakukan adopsi teknologi dan proses digital.

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
PT TWC menerapkan sistem E-Office sebagai upaya transformasi ditengah perubahan menuju era digital saat ini. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero) meluncurkan sistem e-Office di Kantor Pusat PT TWC, beberapa waktu lalu. 

Terobosan ini merupakan langkah transformasi digital PT TWC dalam aspek operasional SDM TWC dengan melakukan adopsi teknologi dan proses digital guna menjawab tantangan-tantangan yang hadir di era digital saat ini. 

Sekretaris Perusahaan PT TWC Emilia Eny Utari dalam keterangannya menjelaskan bahwa sistem yang mulai dikerjakan sejak Januari 2020 ini dilaksanakan oleh Divisi Sekretariat bekerja sama dengan IT serta para milenials PT TWC. 

Gagas Program Twin World Heritage, TWC Kenalkan Borobudur dan Prambanan ke Kancah Internasional

Sistem e-Office ini meliputi modul surat masuk, surat keluar serta nota dinas elektronik untuk mempermudah dan melakukan efisiensi proses administrasi perusahaan. 

"Kita bangun sistem ini dengan tujuan untuk mempercepat koordinasi antar satuan kerja dan unit kerja serta penyampaian konten. Selain itu, pastinya dengan adanya sistem ini akan lebih efisien dalam waktu serta penggunaan material," terang Emilia, Selasa (18/8/2020). 

Sementara itu Direktur Utama PT TWC Edy Setijono mengapresiasi adanya proses pembaruan sistem kerja ini. 

"Tahapan-tahapan pembaruan ini akan terus kita lalui. Ini merupakan tahapan penting bagi proses transformasi organisasi kita, sebagai salah satu upaya untuk mencapai Indonesian Heritage Management Corporation (IHMC)," ujarnya.

Implementasi sistem ini sudah mulai dijalankan antar satuan kerja di PT TWC.

Tingkatkan Kualitas Produk, Mitra Binaan PKBL PT TWC Didorong Lakukan Sertifikasi SNI

Dalam proses awalnya, telah dilakukan sosialisasi serta pelatihan bagi karyawan untuk mengimplementasi program ini. 

Satu di antara anggota tim pelaksana sistem ini menjelaskan untuk proses awalnya selama dua bulan hingga Oktober ini akan dicoba untuk surat masuk terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan sampai akhir tahun, akan dioptimalkan hingga semua modul berjalan.

Proses transformasi digital yang telah PT TWC lakukan sebelumnya dalam aspek operasional bisnis dan pemasaran adalah implementasi ERP dan e-ticket dalam kawasan Taman Wisata Candi. 

PT TWC berkomitmen akan terus melakukan transformasi digital dalam pengembangan kapabilitas sebagai satu dari beberapa perusahaan BUMN untuk para Stakeholder dan kemajuan teknologi Indonesia dalam bidang Pariwisata. (TRIBUNJOGJA.COM)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved