Breaking News:

ADVERTORIAL

Dinsos DIY Selenggarakan Peningkatan Kapasitas untuk 70 Pensosmas

Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan peningkatan kapasitas untuk relawan penyuluh sosial masyarakat (pensosmas).

TRIBUNJOGJA.COM / Christi Mahatma Wardhani
Kepala Dinas Sosial DIY, Endang Patmintarsih melantik perwakilan relawan penyuluh sosial masyarakat di Merapi Garden, Cangkringan, Sleman, Selasa (18/08/2020) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan peningkatan kapasitas untuk relawan penyuluh sosial masyarakat (pensosmas). 

Kepala Dinsos DIY, Endang Patmintarsih mengatakan ada 70 relawan pensosmas yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pensosmas kata dia memiliki peranan penting, sebab menjadi kepanjangan tangan dari Dinsos DIY.

"Pensosmas ada sejak 2017, sudah tiga tahun. Sudah banyak berkiprah membantu Dinsos DIY dalam penanganan masalah sosial. Awalnya pensosmas ada 40, kemudian tahun ini ada penambahan 30. Jadi total relawan ada 70," katanya saat peningkatan kapasitas relawan pensosmas di Merapi Garden Cangkringan, Sleman, Selasa (18/08/2020).

Dinsos DIY : Faktor Ekonomi Jadi Penyebab Terjadinya Eksploitasi Ekonomi pada Anak

Tujuan peningkatan kapasitas adalah untuk membekali relawan pensosmas agar dapat memberikan sosialisasi dan edukasi pada masyarakat terkait program-progam Dinsos DIY. 

Dengan adanya peningkatan kapasitas, diharapkan relawan pensosmas semakin mendalami tugas dan fungsinya sebagai perpanjangan tangan Dinsos DIY. 

Di tengah pandemi COVID-19 ini, Endang menyebut peran relawan pensosmas sangat penting, satu di antaranya untuk mengawal bantuan sosial yang diberikan Dinsos DIY maupun Kemensos. 

"Tugas dan tanggungjawab pensosmas jauh lebih besar saat pandemi seperti ini, salah satunya untuk mengawal bantuan sosial. Pemsosmas bisa ikut mengawal, apakah sudah tepat sasaran atau belum, datanya seperti apa. Data ini jadi penting sekali. Makanya tugasnya justru lebih besar," ujarnya.

"Pensosmas juga punya tugas lain, yaitu mengedukasi masyarakat terkait protokol kesehatan. Misalnya pakai masker, rajin cuci tangan dengan sabun, dan juga social distancing. Dengan sosialisasi ini, harapannya masyarakat bisa lebih cepat beradaptasi dengan kebiasaan baru," sambungnya.

Dinsos DIY Inginkan Masing-masing Kabupaten dan Kota Miliki Camp Assesment bagi PMKS

Halaman
12
Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved