Breaking News:

Sport

159 Atlet dan Pelatih Diajukan sebagai Penerima BLT oleh KONI DIY

Anggota Bidang Pembinaan Prestasi KONI DIY, Wesley Heince Parera Tauntu menjelaskan, dari total 159 yang disulkan menerima BLT, 122 di antaranya merup

Istimewa
Anggota Bidang Pembinaan Prestasi KONI DIY, Wesley Heince Parera Tauntu (kanan) bersama Wasekum II Paryono 

TRIBUNJOGJA.COM - Sebanyak 159 atlet dan pelatih Pemusatan Latihan Daerah (Puslatda) PON XX DIY diajukan oleh KONI DIY sebagai penerima bantuan langsung tunai (BLT) Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) yang bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Anggota Bidang Pembinaan Prestasi KONI DIY, Wesley Heince Parera Tauntu menjelaskan, dari total 159 yang disulkan menerima BLT, 122 di antaranya merupakan atlet dan 37 pelatih, yang dinilai memenuhi persyaratan.

Seperti atlet pelatda dan pelatih yang honor per bulannya di bawah Rp 5 juta.

Kemudian termasuk atlet pelatda yang Non PNS dan BUMD/BUMN.

Serta merupakan atlet Non Pelatnas NPC untuk kategori disabilitas.

KONI DIY Serahkan Bantuan Peralatan untuk Cabor Judo dan Pencak Silat

Hal tersebut sesuai yang tertuang dalam Surat Kemenpora RI Nomor 08.12.2/D.IV-4/VIII/2020, yang ditandatangani langsung oleh Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora RI Drs. Chandra Bhakti, M.Si., pada 12 Agustus 2020 dan ditujukan kepada Ketua Umum KONI Provinsi Seluruh Indonesia tentang Permohonan Data Atlet Pelatda.

"Jadi kita baru ajukan ke Kemenpora permohonan bantuan atlet dan pelatih untuk simultan dalam rangka Covid-19 ini. Berdasarkan surat dari Kemenpora, yang diajukan adalah atlet/pelatih Puslatda. Dari total yang bisa menerima ada 159 atlet dan pelatih," ujar Wesley beberapa waktu lalu.

Diakuinya, tidak semua atlet/pelatih yang termasuk dalam SK Puslatda PON XX DIY dapat diajukan.

Mengingat ada ketentuan-ketentuan seperti yang telah dijelaskan di atas.

Perihal kuota penerima untuk setiap provinsi, dikemukakannya belum terdapat informasi tersebut.

Dalam surat yang diterima hanya menyebutkan perihal permohonan data atlet pelatda. Pihaknya mengajukan data dengan mengacu pada SK Puslatda PON XX DIY Tahun 2020 yang sudah ada.

Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan Atlet, KONI DIY Teken MOU dengan STIENUS Megarkencana

Terkait dengan kepastian pencairan bantuan, dirinya juga belum dapat memastikan.

"Berbeda dengan bantuan sebelumnya yang berupa APD, ini bantuan simultan seperti BLT. Dari KONI DIY, senang dan sangat bersyukur. Tentunya ini bisa membantu atlet dan pelatih. Apalagi sekarang proses latihan dan yang diberikan kepada atlet dan pelatih juga terbatas. Adanya ini pasti membantu," harap Wesley.

Seperti diketahui, berdasarkan SK Puslatda PON XX DIY Tahun 2020 tercantum 139 atlet dan 54 pelatih di dalamnya.

Meliputi cabang olahraga (cabor)/subcabor atletik, balap motor, billiar, bola voli pasir, menembak, panahan, pencak silat, renang indah, sepatu roda, terbang layang, terjun payung, aeromodelling, binaraga, catur, gantole, judo, kempo, panjat tebing, polo air, rugby, taekwondo, tarung derajat, wushu, dan renang perairan terbuka.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: R.Hanif Suryo Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved