Breaking News:

Ini Tips Aman Mengendarai Motor bagi Wanita Pengguna Rok Panjang

Kecelakaan tunggal sepeda motor yang melibatkan wanita menggunakan rok panjang, kerap terjadi di jalan raya.

IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM -- Kecelakaan tunggal sepeda motor yang melibatkan wanita menggunakan rok panjang, kerap terjadi di jalan raya.

Penyebabnya, untaian rok tersangkut di rantai motor hingga menyebabkan pengendara terjatuh. Hal yang sama juga bisa dialami orang yang dibonceng.

Ada beberapa tips berkendara motor yang aman bagi wanita yang menggunakan rok panjang, seperti yang disampaikan Setyo Sukaryo, Trainer Yamaha Academy On Road dan Off Road.

“Untuk wanita yang menggunakan rok saat berkendara harus lebih berhati hati, dan sebisa mungkin hindari pemakaian motor bebek. Sebab, pakaian yang digunakan bisa berpotensi ketarik ke gear atau ban,” kata Setyo seperti dilansir Kompas.com, Sabtu (15/8/2020).

Menurut Setyo, kasus kecelakaan yang menimpa kerap kali disebabkan oleh rok yang tersangkut gir rantai dan menggulung.

Skutik dinilai motor yang paling aman untuk wanita yang menggunakan rok panjang. Alasannya, skutik memiliki cover depan yang bisa meminimalisir embusan angin di bagian bawah.

“Selain itu, skutik juga tidak memiliki gir bergerigi atau komponen yang digerakkan rantai serta cenderung praktis karena perpindahan transmisi otomatis,” jelas Setyo.

Namun, Setyo menyarankan, sebelum berkendara pastikan rok yang dikenakan juga tidak menjuntai.

“Jika tidak ada motor skutik dan terpaksa menggunakan motor bebek, pastikan gir dan rantai motor memiliki pelindung atau cover,” tuturnya.

Selain itu, pastikan berkendara dalam kecepatan maksimal hanya 40 km per jam. Hal ini untuk menghindari risiko terburuk.

Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved