Breaking News:

Pariwisata Akan Bangkit Setelah Vaksin Covid-19 Ditemukan

Sektor pariwisata akan bangkit lebih baik jika vaksin Covid-19 telah ditemukan

Dok.Istimewa
Wishnutama Kusubandio 

TRIBUNJOGJA.COM -- Sektor pariwisata akan bangkit lebih baik jika vaksin Covid-19 telah ditemukan.

"Saya amat meyakini bahwa nanti setelah vaksin diproduksi dan didistribusikan, sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan melesat," kata Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, seperti dilansir Kompas.com, Jumat (14/8/2020).

Wishnutama meyakini, pada saat vaksin sudah didistribusikan ke semua orang, keadaan dan kondisi sektor pariwisata tidak akan seperti sekarang.

Menurutnya, semua sektor pariwisata di dunia tidak ada yang siap ketika tiba-tiba pandemi Covid-19 datang. Pandemi Covid-19 membuat pelaku pariwisata sangat terdampak.

Namun ia meminta agar pelaku pariwisata, seperti agen perjalanan Traveloka dan agen perjalanan lainnya, yakin bahwa vaksin akan ditemukan.

"Maka bersiaplah menghadapi kesempatan atau opportunity yang ada pada saat setelah vaksin ini ditemukan. Mari kita lakukan riset, mari kita lakukan penelitian, apa sih opportunity-nya nanti setelah vaksin itu ditemukan," jelasnya.

Ia berpesan kepada semua agen perjalanan dan pelaku industri pariwisata lainnya agar mencari kesempatan yang ada setelah vaksin ditemukan.

Jauh sebelum vaksin itu ditemukan, kata Wishnutama, agen perjalanan dan industri pariwisata sementara ini tetap berharap dengan meningkatkan pelayanan perjalanan domestik.

Oleh karena itu, pada masa ini, wisatawan nusantara (wisnus) menjadi yang paling utama untuk bisa menggerakkan pariwisata.

"Saat ini yang kita mungkinkan adalah perjalanan domestik atau wisatawan nusantara. Kita dapat membantu mendorong bangkitnya kembali, sendi-sendi di sektor pariwisata melalui wisnus," katanya.

Ia mengatakan, untuk saat ini wisatawan mancanegara (wisman) masih belum bisa berwisata. Menurut dia, pergerakan wisman datang kembali ke Indonesia masih membutuhkan waktu. Hal tersebut karena masih adanya penutupan perbatasan di beberapa negara yang tidak memungkinkan warganya ke Indonesia.

"Banyak negara juga masih memiliki tantangan ini dan itu dalam menghadapi Covid-19. Tapi, sekali lagi saya meyakini bahwa nanti setelah vaksin didistribusikan, segala sesuatu akan jauh lebih baik," ujarnya.

Editor: Victor Mahrizal
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved