Breaking News:

Bantu Sikapi Kemajuan Teknologi dengan Bijak, Guru Besar Ilmu Komputer Amikom Luncurkan Buku Baru

Ema Utami mengatakan berbagi tulisan dalam buku merupakan salah satu wujud tugas sebagai civitas akademika perguruan tinggi.

Dok. Humas Amikom
Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta Ema Utami. 

TRIBUN-JOGJA.com -  Guru Besar Bidang Ilmu Komputer Universitas Amikom Yogyakarta Ema Utami mengatakan, berbagi tulisan dalam buku merupakan salah satu wujud tugas sebagai civitas akademika perguruan tinggi.

Ini Ema Utami buktikan dengan meluncurkan buku bertajuk Digital Is Me Jilid Kedua - Inspirasi Islam dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi.

"Buku tersebut diharapkan bisa membantu pembaca menyikapi perkembangan teknologi dengan bijak, mampu menggunakan dan memanfaatkan kemajuan teknologi dengan positif," kata Ema, Jumat (14/08/2020).

Selain itu, Ema berharap, melalui buku itu, pembaca mampu menemukan peluang inovasi sesuai dengan kompetensi yang dimiliki, sehingga punya kesempatan luas untuk berkolaborasi dan berkontribusi di era saat ini.

Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten) Jazi Eko Istiyanto menilai, buku Ema Utami tentang transformasi digital layak dibaca karena menjelaskan tentang teknologi informasi.

"Ilmu dalam buku itu dapat diadaptasikan ke berbagai kalangan dan memberikan manfaat yang tidak sebelumnya tidak terbayangkan," kata Jazi seperti dalam keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) Yogyakarta Ki Supriyoko mengatakan, buku gagasan Ema Utami merupakan contoh
dari usaha serius dari dosen untuk terus profesional dalam bidangnya.

"Nampak jelas, dalam buku itu terdapat tulisan yang selalu mengulas berbagai teknologi terbaru dan dikaitkan dengan pengajaran di kampus," tuturnya.

Menurut Supriyoko, gagasan yang dituliskan di media masa kemudian dibukukan itu juga merupakan salah satu usaha untuk berbagi ilmu dengan masyarakat.

"Secara tidak langsung, buku itu mengajak pada masyarakat untuk terlibat dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia," imbuhnya.

Halaman
12
Tags
AMIKOM
Penulis: Maria Arimbi Haryas Prabawanti
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved