Breaking News:

Jawa

Di Klaten, Robot Laksanakan Upacara Bendera Peringati HUT Ke-75 RI

Tujuan dari pelaksanaan upacara robot itu yakni untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi anak-anak pecinta robot di Klaten.

TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Suasana upacara bendera Robot memperingati kemerdekaan RI di kampus Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Autobot Jalan Kopral Sayom, Karanganom, Klaten Utara, Kamis (13/8/2020). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Tidak hanya warga negara Indonesia yang bersuka cita untuk memperingati hari ulang tahun ke-75 kemerdekaan Republik Indonesia, tapi robot juga bersuka cita menyambutnya.

Robot-robot di Klaten yang dibuat oleh siswa-siswa sekolah dasar (SD) juga antusias menyambut kemerdekaan RI ini.

Bahkan, Kamis (13/8/2020) para robot itu 'melaksanakan' upacara bendera memperingati kemerdekaan RI di kampus Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Autobot Jalan Kopral Sayom, Karanganom, Klaten Utara.

Warga Klaten Boleh Gelar Tirakatan, Asal Patuhi Protokol Kesehatan

"Hari ini kita mengadakan kegiatan upacara robot dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-75. Jadi disini kami menggunakan robot sebagai petugas upacara," ujar Direktur LKP Autobot School, Agur Yake Mulia, Kamis (13/8/2020).

Pada kesempatan itu, ada empat buah robot yang ikut melaksanakan upacara bendera.

Semuanya memiliki peran masing-masing, yakni sebagai pembina upacara, pemimpin upacara hingga anggota.

Pada kesempatan itu juga dihadirkan tiang bendera lengkap dengan bendera merah putih yang tengah berkibar.

"Robot ini adalah robot yang anak-anak buat. Dan merek telah memprogram robot miliknya untuk menjadi petugas upacara," terang Agur.

Menurutnya, tujuan dari pelaksanaan upacara robot itu yakni untuk menumbuhkan rasa nasionalisme bagi anak-anak pecinta robot di Klaten.

Update Covid-19 di Klaten 12 Agustus 2020, Bertambah 9 Pasien Sembuh

Sebab, di tengah pandemi Covid-19, anak-anak tidak bisa melaksanakn upacara secara langsung, namun melalui upacara yang dilakukan robot diharapkan semangat nasionalisme anak-anak tetap terjaga.

"Pertama selama pandemi anak-anak belajar dirumah. Jadi kami dari autobot minta mereka menghasilkan robot untuk melaksanakan upacara," katanya.

"Selain itu kegiatan ini juga bisa memaknai kemerdekaan RI secara bijak. Ini juga ajang kreatifitas bagi mereka," tambahnya.

Agur pun merinci, untuk merealisasikan upacara robot bersama murid-murdinya itu, dirinya membutuhkan waktu untuk persiapan selama hampir tiga pekan.

"Membuat ini kita prosesnya selama tiga minggu. Tapi anak-anak ini sudah berlatih sejak dua tahun lalu, sejak mereka kelas dua SD, sekarang rataan sudah kelas empat SD," tambahnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Almurfi Syofyan
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved