Breaking News:

Didukung KB Kookmin Bank, Bank Bukopin Raih Predikat RWP dan Kenaikan Peringkat

Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali yang memiliki peringkat lebih tinggi, telah memberi dukungan luar biasa untuk Bank Bukopin.

Didukung KB Kookmin Bank, Bank Bukopin Raih Predikat RWP dan Kenaikan Peringkat
DOK. Bank Bukopin
Direktur Utama PT Bank Bukopin Tbk Rivan A. Purwantono.

TRIBUN-JOGJA.com - Pada Juli 2020, Fitch Ratings Indonesia menyematkan predikat Rating Watch Positif (RWP) dan menaikkan Peringkat Nasional Jangka Panjang PT Bank Bukopin Tbk (Bukopin) dari BBB+ menjadi AA-.

Untuk diketahui, Fitch Ratings Indonesia merupakan perusahaan pemeringkat kredit internasional yang berlokasi di Kuningan, Jakarta Selatan.

Selama 100 tahun, Fitch Ratings Indonesia telah berpengalaman di lebih dari 20.000 entitas dunia. Atas capaian tersebut, Fitch Ratings Indonesia mendapat penghargaan Top 3 Economic Forecaster Worldwideb 2020.

Setiap satu tahun sekali, Fitch Ratings akan memperbaharui peringkat dengan cara monitoring secara terus menerus.

Maka dari itu, atas kenaikan peringkat dari Fitch Ratings, Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A. Purwantono mengatakan, hal tersebut tidak lepas dari dukungan KB Kookmin Bank dan KB Financial Group.

“Kenaikan peringkat yang sangat cepat dari Fitch Ratings ini kami sambut dengan positif, dan menjadi katalis dalam meningkatkan kinerja. Tidak hanya dalam rangka menjaga peringkat, tapi juga memberi nilai tambah yang optimal bagi shareholders,” kata Riyan, seperti dalam keterangan tertulisnya.

Seperti yang diketahui, pada akhir Juli lalu Bank Bukopin baru menyelesaikan Penawaran Umum Terbatas (PUT) V. Hasilnya, komposisi pemegang saham Bukopin menjadi KB Kookmin Bank (33,9 persen), Bosowa Corporindo (23,4 persen), pemerintah (6,37 persen),serta publik di bawah 5 persen (36,33 persen).

Sementara itu, peringkat AA-(idn) dan predikat RWP menunjukkan, Bank Bukopin merupakan perusahaan berkualitas, namun sedikit lebih berisiko dibanding peringkat tertinggi yaitu AAA.

Di sisi lain, perusahaan peringkat BBB- ke atas juga termasuk dalam kategori investment grade. Artinya, Bank Bukopin yang ratingnya AA-(idn) memiliki kemampuan yang cukup baik dalam melunasi hutang.

Predikat RWP pun mencerminkan keyakinan bahwa rencana akuisisi saham mayoritas Bukopin oleh Kookmin akan memperkuat kendali bank yang berbasis di Korea tersebut.

Fitch Ratings menilai, kenaikan peringkat Bank Bukopin membuktikan bahwa Kookmin Bank sebagai pemegang saham pengendali yang memiliki peringkat lebih tinggi, telah memberi dukungan luar biasa untuk Bank Bukopin.

Rivan pun meyakinkan masyarakat, bahwa rencana KB Kookmin Bank menjadi pemegang saham mayoritas dan dukungan jaringan KB Financial Group yang merupakan konglomerasi keuangan terbesar di Korea Selatan saat ini, akan memperkuat eksistensi Bank Bukopin di perbankan nasional bahkan regional.

“KB berminat masuk ke Bukopin karena melihat akar kuat kita di segmen UMKM dan konsumer termasuk pensiunan. Jadi setelah KB meningkatkan investasinya, segmen ritel akan diperkuat,” kata Rivan.

Ke depannya, Bank Bukopin akan melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Selasa (25/8/2020). Salah satu agenda dari rapat tersebut adalah Persetujuan Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD) oleh KB Kookmin Bank.

Penulis: Inadha Rahma Nidya
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved