Breaking News:

DELDV, Produk Inovasi Mahasiswa Amikom Yogyakarta Cetak Prestasi di Kompetisi Nasional Kemendikbud

DELV punya misi untuk menyatukan inovasi dan empati dalam bisnis. Tujuannya, membantu perempuan Indonesia yang mengalami marginalisasi pendidikan.

DOK. Universitas AMIKOM Yogyakarta
Tim DELDV, mahasiswa program studi Kewirausahaan Universitas AMIKOM Yogyakarta yang memenangkan ajang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2020. 

TRIBUN-JOGJA.com - Tidak sekadar berbisnis, hadirnya DELDV juga menjadi bentuk kontribusi nyata berkelanjutan dari mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta kepada masyarakat melalui inovasi bisnis fashion.

DELDV merupakan merek fashion lokal milik Devi Lestari, salah satu mahasiswa program studi Kewirausahaan Universitas Amikom Yogyakarta. Usaha ini bermula dari kecintaannya pada dunia fashion sejak kecil.

DELDV menyediakan produk  fashion ready to wear modest dan customize. Lewat brand-nya ini, Devi sekaligus berupaya membangun usaha berbasis sociopreneurship.

Laksmindra Saptyawati yang merupakan dosen program studi Kewirausahaan Universitas Amikom Yogyakarta secara langsung membimbing jalannya DELV. 

Laksmindra mengatakan, DELV punya misi untuk menyatukan inovasi dan empati dalam bisnis dengan tujuan membantu kaum perempuan yang mengalami marginalisasi pendidikan di Indonesia.

“(Karena itu) tim DELDV berhasil lolos dalam ajang Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) 2020, serta memenangkan dana hibah dari Kemendikbud,” terang Laksmindra.

Melihat masih banyak permasalahan sosial marginalisasi perempuan di Indonesia, khususnya pendidikan, mengantarkan Devi membuat inovasi dalam bisnis fashion DELDV. 

Adapun inovasi tersebut dengan menggandeng kaum perempuan marginal untuk bergerak bersama agar lebih produktif dan mandiri menuju kondisi ekonomi yang lebih baik. 

"Saya ingin mengubah mindset anak muda agar tidak hanya berpangku tangan mencari kerja tetapi juga bagaimana caranya berani membuka lapangan kerja bagi kaum marjinal,"  tutur Devi.

Keberhasilan Tim DELDV dalam ajang kompetisi KBMI ini juga tidak terlepas dari upaya terus-menerus dari pihak Universitas Amikom Yogyakarta untuk mendorong mahasiswa agar berani mandiri menjadi entrepreneur di usia muda dengan dukungan penuh salah satunya melalui Direktorat Kemahasiswaan. 

Kepala Program Studi (Kaprodi) Kewirausahaan sekaligus Direktur Kemahasiswaan Universitas AmikomYogyakarta Suyatmi menyampaikan apresiasinya kepada Tim DELDV.

Secara khusus Suyatmi berpesan agar DELV terus berprestasi dan bergerak untuk mengubah lingkungan sekitar, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Apresiasi juga disampaikan Dekan Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta, Emha Taufiq Luthfi.  

Kata Emha, keberhasilan tim DELDV, kelompok bisnis mahasiswa prodi kewirausahaan dalam ajang KBMI menunjukkan bahwa prodi berhasil mengembangkan kapasitas mahasiswa dari sisi akademis, jiwa entrepreneur, dan creative thinking dalam menangkap peluang pasar. 

“Hal tersebut perlu untuk terus dioptimalkan, sehingga target 100 persen alumni prodi kewirausahaan menjadi entrepreneur yang sukses dapat terwujud.” pungkas Emha. 

Penulis: Hotria Mariana
Editor: Mikhael Gewati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved