Breaking News:

Menko Perekonomian Dorong KUR Syariah, BPD DIY Ambil Bagian Salurkan Kredit dan CSR

Guna menggeliatkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menyalurkan KUR syariah.

Istimewa
Direktur Utama BPD DIY, Santoso Rohmad menyalurkan pembiayaan syariah bagi salah satu kios WargaMU di Yogyakarta, disaksikan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Guna menggeliatkan roda ekonomi di tengah pandemi Covid-19, Menko Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) syariah bagi UMKM anggota Pemuda Muhammadiyah di Yogyakarta, pada Sabtu (8/7/2020) sore.

Acara yang berlangsung di Warung Jawi Kotagede, Yogyakarta itu selain dihadiri Airlangga Hartarto dan Jajaran Kemenko, juga Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto atau Cak Nanto dan Jajarannya, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Direksi BUMN dan Direktur Utama Bank BPD DIY, Santoso Rohmad.

Dalam kesempatan tersebut, Airlangga Hartarto mengatakan, UMKM bakal mendapat bantuan permodalan KUR Syariah yang berstatus kredit lunak dengan margin per tahun 6 persen.

Margin itu, berada jauh di bawah kredit-kredit pada umumnya, yang mencapai 12 persen per tahunnya.

"Bunganya 6 persen ditanggung pemerintah sampai bulan Desember. Jadi, siapapun yang menerima, seperti warung ini, dapat Rp 40 juta, dia tak perlu membayar tahun ini, karena sudah disubsidi pemerintah," katanya.

Airlangga menuturkan, pihaknya ingin mendorong pelaku UMKM melalui program tersebut.

Dengan harapan, para pengusaha kecil dan menengah ini bisa tetap bergerak menjalankan roda perekonomian di tengah pandemi Covid-19 yang seakan belum tampak ujungnya.

"Seperti warung ini kan mereka menjual produk-produk utama yang terus diminati oleh publik. Ini yang diharapkan dari UMKM, jadi pengungkit untuk kembalinya perekonomian nasional," terangnya.

"Program ini menyasar berbagai kelompok masyarakat. Kebetulan hari ini kami menjalin kerjasamanya dengan Muhammadiyah," imbuh politisi Partai Golkar itu.

Peran sejumlah instansi perbankan tidak bisa dilepaskan dalam program sarat manfaat bagi para pengusaha kecil dan menengah itu. Satu di antaranya dari Bank BPD DIY, yang turut serta menyalurkan pembiayaan syariah bagi salah satu kios WargaMU di Yogyakarta.

Halaman
12
Penulis: Azka Ramadhan
Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved