Breaking News:

Jangan Asal-asalan, Berikut Olahraga yang Tepat untuk Penderita Penyakit Jantung

Olahraga aerobik atau kardio adalah jenis olahraga yang bisa merangsang detak jantung dan pernapasan selama latihan.

Editor: Rina Eviana
Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Satu di antara cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga. Ketika kita rajin olahraga maka hal itu bisa mencegah penyakit jantung.

Sebagaimana diketahui aktif bergerak dan rutin berolahraga bisa memperkuat otot jantung, menjaga berat badan ideal, dan mencegah kerusakan arteri.

Rajin melakukan olahraga juga bisa mengontrol kolesterol, gula darah, dan tekanan darah yang jadi biang penyakit jantung dan stroke.

Ilustrasi
Ilustrasi (Shutterstock)

Namun, penderita penyakit jantung tak boleh asal-asalan menjalankan olahraga.  Melansir laman resmi Heart and Stroke Foundation, penderita perlu mempertimbangkan kapan waktu yang tepat, berapa lama, dan jenis olahraga untuk penyakit jantung.

Sebelum mulai berolahraga, pastikan berkonsultasi dengan dokter ahli jantung dan pembuluh darah sampai ahli kebugaran. Terutama jika penderita baru mengalami serangan jantung, mengalami sakit dada dan sesak napas, penderita diabetes, atau baru menjalani operasi jantung.

Faktor-faktor Penyebab Penyakit Jantung yang Harus Diwaspadai, Mulai Keturunan Hingga Stres

Jenis olahraga untuk penderita penyakit jantung

Melansir Medline Plus, aerobik adalah jenis olahraga pas untuk penderita penyakit jantung. Olahraga aerobik atau kardio adalah jenis olahraga yang bisa merangsang detak jantung dan pernapasan selama latihan.

Aerobik dapat melatih jantung agar lebih efisien dalam menggunakan oksigen dan meningkatkan aliran darah. Saat penderita penyakit jantung ingin memulai olahraga, awali dengan jenis latihan yang ringan atau lambat. Pilih aerobik seperti jalan kaki, berenang, jogging ringan, atau bersepeda.

Lakukan olahraga ini tiga sampai empat kali seminggu. Olahraga yang bisa menunjang fleksibilitas otot seperti yoga dan pilates juga bisa membantu otot lebih rileks.

Intensitas olahraga untuk penyakit jantung

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved