Bisnis

Himpunan Ziswaf Meningkat Meski Pandemi Covid-19

Rina Eka Wati, Kepala Perwakilan BMM Yogyakarta mengatakan, sejak pandemi Covid-19 pihaknya bahkan mengaku terdapat kenaikan dari sisi zakat infaq, so

Penulis: Yosef Leon Pinsker | Editor: Ari Nugroho
Istimewa
Suasana penyembelih hewan kurban oleh BMM Yogyakarta melalui program Qurban Prioritas, Senin (3/8/2020) 

TRIBUN JOGJA.COM, YOGYA - Kondisi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan niat masyarakat untuk beribadah kurban di hari Idul Adha 1441 Hijriah.

Baitul Maal Muamalat (BMM) Yogyakarta sebagai salah satu Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) bahkan mencatat, terdapat kenaikan hewan kurban yang dibagikan kepada masyarakat dibandingkan tahun lalu.

Rina Eka Wati, Kepala Perwakilan BMM Yogyakarta mengatakan, sejak pandemi Covid-19 pihaknya bahkan mengaku terdapat kenaikan dari sisi zakat infaq, sodaqoh, maupun wakaf (ziswaf).

"Mungkin faktor utamanya semakin banyak umat dan mitra yang menebar empati di tengah pandemi Covid-19 seperti sekarang," kata Rina, Senin (3/8).

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, pada perayaan Idul Adha kali ini BMM Yogyakarta juga membagikan sejumlah hewan kurban ke masyarakat di wilayah setempat.

Youtuber Prank Daging Kurban Idul Adha Diisi Sampah Sudah Dipenjara, Kameramennya Buron

Pada tahun ini pembagian difokuskan ke masyarakat di wilayah terjauh di kabupaten DIY.

Pasalnya, pihaknya masih menemui masyarakat yang belum pernah sama sekali merayakan ibadah haji akibat kendala akses maupun faktor ekonomi.

"Pada tahun ini kita laksanakan selama tiga hari sejak Sabtu lalu. Ada dua lokasi yang kita pusatkan untuk penyembelihan hewan kurban yakni di Kalasan dan di Kulonprogo," ujarnya.

Sebanyak 280 ekor hewan kurban yakni domba, kambing dan sapi dibagikan kepada masyarakat.

Pihaknya juga mengantisipasi kerumuman masa dalam jumlah banyak dengan mengantarkan daging kurban langsung ke rumah warga.

"Melalui ibadah kurban kali ini kita mau mengajak masyarakat untuk tetap bersyukur dan memupuk rasa empati kepada sesama dan saling menguatkan," pungkas dia. (TRIBUNJOGJA.COM)

Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved