Breaking News:

Bisnis

Penjual Kelapa Parut di Pasar Beringharjo Sepi Pembeli Saat Iduladha

Permintaan kelapa parut pada Iduladha tahun ini cenderung menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

TRIBUNJOGJA.COM / Nanda Sagita Ginting
Penjual kelapa parut di pasar Beringharjo, kota Yogyakarta, sedang persiapkan kelapa parut untuk pembeli, pada Jumat (31/07/2020). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Perayaan Iduladha seharusnya menjadi kesempatan bagi para penjual kelapa parut untuk meraup keuntungan.

Karena momen Iduladha biasanya diwarnai dengan membuat berbagai jenis olahan makanan dari daging hasil kurban yang sebagian besar membutuhkan santan yang dihasilkan dari kelapa parut seperti masakan rendang, gulai, dan tongseng.

Namun, menurut seorang penjual kelapa parut di Pasar Beringharjo Kota Yogyakarta, Dayun (65), permintaan kelapa parut pada Iduladha tahun ini cenderung menurun bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Resep Masak Daging Kurban Kambing dan Sapi, Dibikin Sate hingga Rendang

"Dulu, bisa bawa hingga 150 sampai 200 kelapa dan pasti laku. Sekarang, hanya berani membawa 50 buah saja, ini baru laku sekitar 18 kelapa," jelas Dayun kepada TRIBUNJOGJA.COM, pada Jumat (31/07/2020).

Pada Iduladha tahun lalu, lanjut Dayun, biasanya dari pagi hari orang sudah antri untuk membeli kelapa parut. Sekarang sepi, pembelinya menurun. 

Ketika lebaran Iduladha biasanya segmen pasar kelapa parut milik Dayun kebanyakan dari rumah tangga, perkumpulan masjid, dan paguyuban kampung.

BREAKING NEWS : Tambah 64 Kasus Baru, Rekor Lonjakan Kasus Covid-19 di DIY

Adapun harga jual kelapa parut sebesar Rp10 ribu untuk tiap satu buah kelapa.

Di mana, pasokan kelapa didapatkannya dari petani kelapa yang berada di daerah Sedayu, Kabupaten Bantul.

"Kalau dari para petani, persediaan kelapa cukup banyak. Namun, memang karena pembelinya sepi maka pasokan saya kurangi supaya tidak merugi," pungkasnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved