Breaking News:

Pendidikan

Bantu Masyarakat Produktif di Tengah Pandemi, KKN UIN Beri Edukasi Teknik Penanaman Hidroponik

Solusi hidroponik ini menjadi satu di antara tindakan dalam penyelamatan dan peduli terhadap lingkungan.

internet
Logo UIN Sunan Kalijaga 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pandemi Covid-19 tidak menghalangi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang dilaksanakan secara daring.

Namun, sesekali mahasiswa turun langsung ke masyarakat untuk melakukan beberapa program kerjanya. 

Pada kesempatan ini, KKN UIN Sunan Kalijaga angkatan 102 Kelompok 234 melakukan kegiatan edukasi berupa Teknik Penanaman Hidroponik sebagai solusi penanaman pada lahan yang sempit di Dusun Benyo, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul.

Aldi Chandra Wijaya selaku Ketua Kelompok 234 KKN Angkatan 102 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mengatakan dalam pelaksanaan kegiatan ini dibatasi jumlah pesertanya.

Kisah Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Gelar Wisuda Online Bareng Akad Nikah, Dapat Ucapan dari Rektor

Hanya 20 peserta yang dapat mengikuti kegiatan Seminar Edukasi Teknik Menanam  Hidroponik yang dilaksanakan di PAUD Dusun Benyo, Desa Sendangsari, Pajangan, Bantul.

“Meskipun KKN kali ini sebagian pelaksanaannya dilakukan secara daring, namun pada saat saya terjun ke masyarakat beserta rekan-rekan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung sesuai dengan anjuran dari pemerintah dan kampus.” ujarnya.

Peserta seminar bertajuk “Hidroponik sebagai Solusi Strategi Penanaman di Lahan Sempit di Tengah Pandemi Covid-19” ini terdiri dari anggota ibu-ibu anggota Kelompok Wanita Tani Dusun Benyo.

Dalam Teknik Pelaksanaannya nanti, masyarakat akan didampingi para mahasiswa KKN.

BREAKING NEWS : Tambah 64 Kasus Baru, Rekor Lonjakan Kasus Covid-19 di DIY

"Kami memberikan edukasi berupa cara-cara budidaya sayuran dengan menggunakan sistem hidroponik, di mana hanya memanfaatkan media air tanpa menggunakan media tanah dan dapat dilakukan di area lahan sempit," katanya.

Solusi hidroponik ini menjadi satu di antara tindakan dalam penyelamatan dan peduli terhadap lingkungan.

Selain memberikan edukasi agar tetap produktif di masa pandemi kepada masyarakat, pihaknya juga memberikan masukan ke warga tentang anjuran untuk selalu mematuhi protokol kesehatan saat beraktivitas. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved