Breaking News:

Otomotif

Benarkah Ngecas Gawai di Mobil itu Berbahaya?

Tetapi, benarkan kebiasaan mengisi baterai ponsel di power output mobil bisa berbahaya dan berpotensi terjadinya kebakaran?

KOMPAS.com/Ruly
Ilustrasi Charge Handphone di Mobil 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Sebegitu pentingnya ponsel bagi seseorang karena menunjang pekerjaan mengharuskan baterai gawai harus selalu terjaga.

Karenanya, melakukan pengisian daya baterai ponsel di power output mobil sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan oleh banyak orang.

Ketika fasilitas pendukung untuk pengisian daya baterai ponsel di mobil, menjadi kesempatan pemilik gawai untuk mengisinya agar tetap bisa standby.

Huawei Mobile Services, Pengalaman Menyenangkan Menggunakan Smartphone

Tetapi, benarkan kebiasaan mengisi baterai ponsel di power output mobil bisa berbahaya dan berpotensi terjadinya kebakaran?

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor ( ADM), mengatakan sebenarnya mengisi baterai gawai menggunakan power output di mobil tidak akan menimbulkan masalah.

Selama listrik yang digunakan untuk pengisian tersebut sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan baterai HP.

“Hanya yang perlu diperhatikan sekali terkait adaptornya tidak boleh renggang atau goyang,” kata Bambang kepada Kompas.com beberapa waktu lalui.

Berikut Daftar Harga Mobil Avanza Bekas

Jika hal itu terjadi, Bambang menambahkan, bisa saja menyebabkan terjadinya korsleting listrik pada mobil.

Pada kejadian yang lebih fatal bisa menyebabkan terjadinya kebakaran.

“(Kalau goyang) dapat mengakibatkan short circuit atau korsleting listrik, bisa terjadi intermitten listrik (memercikkan api) yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran,” ujarnya.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved