Breaking News:

Pendidikan

Animo Masuk ke Teknik Metalurgi UPN Veteran Yogyakarta Cukup Tinggi

Hadirnya Program Studi Teknik Metalurgi UPN Veteran Yogyakarta merespons Peraturan Pemerintah yang merujuk UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan

upnyk.ac.id
Kampus UPN Veteran Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Hadirnya Program Studi Teknik Metalurgi UPN Veteran Yogyakarta merespons Peraturan Pemerintah yang merujuk UU Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Dalam UU tersebut mengharuskan semua bahan tambang diolah dan dimurnikan dahulu di dalam negeri untuk meningkatkan nilai tambahnya sebelum diekspor ke luar negeri.

Dalam UU tersebut juga mewajibkan pertambangan logam harus membuat pabrik pengolahan atau ekstraksi logam dari biji batuan.

Maka dari itu, tentu memerlukan banyak SDM.

Untuk merespon hal tersebut, UPN Veteran Yogyakarta telah mendirikan Prodi Teknik Metalurgi yang tahun ini telah memasuki tahun ke-3.

UPN Veteran Yogyakarta Buka Pendaftaran Seleksi Mandiri, Cek Persyaratannya

Dekan Fakultas Teknologi Mineral (FTM) UPN Veteran Yogyakarta Sutarto mengungkapkan saat ini juga sudah banyak dibangun smelter sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja lulusan Teknik Metalurgi.

"Teknik Metalurgi ke depan akan sangat prospek, jadi kalau saya lihat animonya cukup besar yang akan masuk ke Teknik Metalurgi," ujarnya Rabu (29/7/2020).

Sutarto mengungkapkan status UPN Veteran Yogyakarta yang berubah dari swasta yayasan menjadi PTN di bawah Kemendikbud ini semakin membuat lulusan SMA tertarik untuk masuk UPN Veteran Yogyakarta.

"Ada dua faktor, pertama (UPN) menjadi PTN, kedua, metalurgi merupakan program studi baru yang belum banyak di Indonesia dan kebijakan pemerintah yang mengharuskan perusahaan pertambangan untuk mendirikan atau membangun smelter metalurgi," kata dia.

Saat ini, akreditasi Prodi Teknik Metalurgi UPN Veteran Yogyakarta sedang dalam tahap assessment.

Halaman
12
Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved