Breaking News:

Tiga Amalan Sunah Malam Idul Adha Sesuai Tuntunan Alquran dan Nabi Muhammad

ibadah yang dapat dilakukan untuk menambah pahala pada bulan Dzulhijjah antara lain memperbanyak bacaan takbir, memperbanyak amal sholeh

Yasin AKGUL / AFP
Seseorang warga berdoa di Hagia Sophia di Istanbul 26 Juli 2020 

TRIBUNJOGJA.COM, Yogyakarta - Sebelum Idul Adha ada amalan sunah yang dapat dilakukan satu diantaranya dengan berpuasa.

Namun, selain melaksanakan ibadah puasa ada juga amalan ibadah sunah yang baik apabila dikerjakan pada sebelum dan malam Idul Adha .

Apa saja amalan itu sesuai dengan tuntunan agama?

Menurut Ustaz Beny Susanto, Pengurus Ponpes Sunan Kalijaga Gesikan, A'wan Syuriah PWNU DIY, ibadah yang dapat dilakukan untuk menambah pahala pada bulan Dzulhijjah antara lain memperbanyak bacaan takbir, memperbanyak amal sholeh seperti bersedekah dan berzikir berserah diri kepada Allah.

"Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang penuh keistimewaan selain bulan Ramadan. Maka pada masa itu perbanyaklah ibadah yang mendekatkan diri kepada Allah SWT," jelasnya kepada TRIBUNJOGJA.COM, pada Selasa (28/07/2020).

Lalu, apa saja amalan yang dapat dilakukan pada masa Iduladha selain berpuasa sunah, berikut rangkumannya:

1) Memperbanyak bacaan takbir

Musaf Alquran
Musaf Alquran (Tribunjogja.com | Iwan al Khasni)

Pada malam Hari Raya Idul Adha, seluruh umat Islam dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di setiap masjid, mushalla, dan rumah-rumah.

Dikumandangkannya takbir dimulai sejak terbenamnya matahari hingga imam naik ke mimbar untuk khutbah pada saat shalat Idul Adha dan berakhir pada hari tasyrik tanggal 13 Dzulhijjah.

Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut, umat manusia dianjurkan untuk memuliakan, mengangungkan, dan menghidupkan nama Allah SWT.

Halaman
1234
Penulis: Nanda Sagita Ginting
Editor: Iwan Al Khasni
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved